SATUKANAL.COM
IMG20220309095107-75c5e9b7
BERITA Jatim Kanal Straight Kediri Raya

Pemkot Kediri Kirim 6 Ton Minyak Goreng Curah ke 3 Pasar

Satukanal.com, Kediri – Pemerintah Kota Kediri hari ini mendistribusikan minyak goreng curah untuk ratusan pedagang eceran Kota Kediri, Rabu (9/3/2022). Total 6 Ton atau sekitar 8000 liter minyak goreng curah dibagikan hasil kerjasama Kementerian Perdagangan (Kemendag) pusat melalui Pemerintah Kota Kediri.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, mengatakan pendistribusian minyak goreng curah ini dilakukan untuk menekan adanya ketersediaan minyak goreng di wilayahnya.

Dalam pendistribusian ini, ada sekitar 100 pedagang dari tiga pasar tradisional Kota Kediri.

“Ada 6 ton yang didistribusikan pada hari ini dipedagang eceran Pasar Stono Betek Pasar Pahinng dan Pasar Bandar,” kata Abu, saat pendistribusian di Halaman pasar Stono Betek Kediri, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga :  Menikmati Kuliner Rawon dan Soto Seharga ‘Parkir’ di Kota Kediri, Soto Ayam Cuma Rp 2.000!

Dalam kesempatan tersebut, Abu menyampaikan harga minyak goreng curah ini dijual dengan harga Rp11.500 per Liter, khusus kepada pedagang eceran. Dengan syarat Minyak Goreng curah ini bakal dijual kembali ke konsumen dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp12.800 perliter.

Bahkan saat pengambilan, para pedagang harus menandatangani persyaratan tertulis sebagai bentuk penjualan kembali sesuai HET. “Dalam surat pernyataan juga harus dijual di HET Rp12.800 perliter,” ujarnya.

Sementara itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri Tanto Wijohari, menyampaikan prosedur pendistribusian minyak goreng curah ini dilakukan dengan cara menggunakan kupon.

Baca Juga :  Menikmati Kuliner Rawon dan Soto Seharga ‘Parkir’ di Kota Kediri, Soto Ayam Cuma Rp 2.000!

Dengan pembatasan maksimal berdasarkan kebutuhan Minyak Goreng masing-masing pedagang eceran. “Satu kupon sebanyak 15 kilogram, masing-masing ada yang dapat 2-4 kupon sesuai kebutuhan pedagang,” tutupnya.

Heri salah satu pedagang eceran Pasar Pahing Kota Kediri, mengaku mendapat jatah minyak goreng curah sejumlah 4 kupon atau sebanyak 60 kilogram.

Disebutkan pendistribusian ini masih yang pertama kali diberikan, dengan kondisi langkanya minyak goreng curah dipasaran.

 

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansyah

Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait

Satukanal.com