Pemkab Kediri Target Selesaikan Relokasi Pasar Ngadiluwih 2 Minggu | SATUKANAL.COM
May 22, 2022

Satukanal.com, Kediri – Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri mengecek lokasi dan kebutuhan jumlah relokasi pedagang terdampak kebakaran di Pasar Ngadiluwih, Senin (9/4/2022). Relokasi ini ditargetkan bakal rampung 2 minggu kedepan.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih, mengatakan total ada sekitar 100 pedagang yang perlu direlokasi. Masing-masing terdiri dari 75 pedagang lapak terdampak kebakaran dan 25 pedagang lainnya merupakan lapak darurat.

“Target kami maksimal dua minggu selesai relokasi pedagang. Harapan kami kalau bisa seminggu selesai, ya seminggu,” ungkap Tutik, saat mengecek lokasi pedagang terdampak kebakaran di Pasar Ngadiluwih,  Senin (9/4/2022) pagi.

Baca Juga :  Lebaran, Penjualan Sirup Bunga Rosella Meningkat 500 Persen

Dia menjelaskan langkah relokasi ini harus segera dilakukan, supaya para pedagang dapat melakukan aktivitas jualbeli kembali. Sejumlah tim pun dibawa untuk  mempercepat pengecekan data dan kebutuhan.

Dikatakan Tutik, lokasi relokasi ini tidak jauh dari asal lapak perdagang terdampak tepat diareal belakang pasar Ngadiluwih. Secara lahan dinilai masih cukup untuk menampung sejumlah relokasi pedagang.

“Dari survei kami tadi malam dan diskusi para pedagang, masih ada beberapa lahan kosong insyaallah cukup,” ujarnya.

Terkait anggaran, Tutik memperkirakan relokasi ini masih dibawah angka 100 jutaan. Namun tidak menutup kemungkinan apabila masih dibutuhkan pendanaan kembali.

Baca Juga :  Polda Jatim Amankan Seorang Tersangka Kasus Ledakan Petasan di Badas Kediri

“Apabila relokasi ini tidak membutuhkan biaya banyak dam bisa tercover dengan anggaran kami lebih cepat  lebih baik lagi. Sekilas diskusi dan pemetaan kami tadi, sekilas insyaallah mencukupi tidak terlalu banyak ,masih dibawah 100 jutaan,” tukasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, insiden kebakaran melanda sejumlah lapak pedagang Pasar Ngadiluwih Kediri,  Minggu (8/4) kemarin. Akibatnya sejumlah  35 lapak terdiri dari 75 pedagang ludes terbakar mengakibatkan kerugian total berkisar 1,5 Miliar.

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansyah 

Editor: Ubaidhillah