Pemerataan Pelaku Usaha, Pemkab Kediri Resmikan Garasi UMKM Di Barat Sungai  | SATUKANAL.COM

Bupati Kediri saat melakukan kunjungan ke Garasi UMKM (Dok)

Satukanal.com, Kediri – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri mendorong pemerataan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kediri. Salah satunya telah diresmikan gerai rumah inkubasi (Garasi) UMKM di Kecamatan Grogol.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, mengatakan, Garasi UMKM yang menempati eks Kantor Korcam Grogol itu, diharapkan dapat menjadi wadah belajar bagi pelaku UMKM khususnya yang berada di barat Sungai Brantas.

Sebelumnya, dua Garasi UMKM telah diresmikan yakni di Kecamatan Papar dan Pare. “Makanya kita sekarang adakan gerai inkubasi di empat titik di bagian Utara, Selatan, Barat, dan Timur. Sekarang baru ada tiga titik, harapannya ada satu titik lagi yang nanti kita buka,” kata Hanindhito, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga :  Aliansi LSM Geruduk Kantor Dinas Pendidikan Kota Kediri Terkait Pelecehan di Salah Satu SDN

Garasi UMKM, terang Mas Dhito, dibangun dalam rangka meningkatkan pembinaan dan pengembangan UMKM di Kabupaten Kediri. Melalui Garasi UMKM ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM, sehingga terwujud UMKM yang berkualitas.

Disebutkan sejumlah UMKM komoditas unggulan yang dimiliki Kabupaten Kediri seperti mangga podang, kopi, nanas dan teh rosella. Apalagi bakal keberadaan bandara diharapkan dapat memiliki daya tarik dan daya jual bagi orang yang berkunjung ke Kediri.

Pihaknya juga meminta supaya Garasi UMKM dapat ramai terus setiap hari, dengan menyediakan lapak UMKM bagi para pedagang. “Cara memaksimalkannya harus ada lapak-lapak yang disediakan untuk pedagang UMKM kita di gerai inkubasi yang ada di Kabupaten Kediri, harus ada UMKM yang disediakan berjualan, ” ujarnya.

Baca Juga :  Terpikat Program Pertanian Mas Dhito, IAIN Kediri Bakal Ekspansi ke Wilayah Kabupaten 

Sementara itu, Ketua Tim Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) Dede Sujana menambahkan, keberadaan Garasi UMKM itu merupakan bentuk sinergi dan kontribusi Bank Jatim dalam mendukung program pembangunan ekonomi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kediri.

Dengan bertambahnya Garasi UMKM itu diharapkan dapat memberikan pelayanan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kediri dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya. (Adv)