Pembongkaran Jembatan Ngadi Kediri Capai 80 Persen, Bupati Kediri Targetkan Rampung Empat Bulan Lagi
Jembatan Ngadi

Caption: Bupati Kediri Hanindhito Himawan didampingi Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri Irwan Chandra meninjau lokasi Jembatan Ngadi (Foto: Anis/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kabupaten Kediri – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri memperkirakan pembangunan Jembatan Ngadi di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, rampung dalam empat bulan mendatang.

Untuk saat ini, pembongkaran struktur bangunan lama Jembatan Ngadi sudah mencapai 80 persen. Setelah dibongkar, pekerjaan dilanjutkan dengan pembangunan tiang pancang jembatan di dasar sungai.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, Jembatan Ngadi merupakan akses penting masyarakat. Jembatan ini menghubungkan wilayah Kabupaten Kediri dengan Tulungagung.

Perbaikan Jembatan Ngadi ditargetkan rampung tahun ini.

“Sekarang sudah di tahapan pembongkaran jembatan yang lama, kurang lebih mungkin sudah 80 persen. Dalam waktu 1 minggu ke depan Jembatan Ngadi yang lama sudah kita angkat, dan sudah mulai persiapan untuk membangun tiang pancang di bawahnya,” kata Mas Dhito, sapaan akrab Hanindhito Himawan Pramana, saat melakukan evaluasi di Jembatan Ngadi, Jumat (3/6/2022) siang.

Baca Juga :  Bupati Kediri Terima Keluh Kesah Emak-emak, Dilapori Janji Palsu Oknum Petugas

Mas Dhito menjelaskan, proyek Jembatan Ngadi dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), dengan anggaran mencapai Rp10,5 miliar. Nantinya jembatan ini akan menjadi aset yang dimiliki Pemkab Kediri.

Politikus PDI Perjuangan ini menegaskan akan memperkokoh bangunan Jembatan Ngadi. Mengingat sebelumnya sudah dilakukan dua kali perbaikan, namun terjadi patah di badan jembatan.

“Target penyelesaian insyaallah masih tetap empat bulan. Tadi saya tanya Pak Irwan minta waktu untuk memperkuat panjang yang ada di bawahnya, karena memperkuat yang panjang ini juga berkaitan dengan arus sungai,” tutur Mas Dhito.

Baca Juga :  Pembubaran Kontingen, Segini Bonus yang Diterima Atlet Berprestasi Asal Kabupaten Kediri di Porprov VII Jatim

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri, Irwan Chandra, menyebut pembangunan Jembatan Ngadi bakal lebih kokoh dibandingkan sebelumnya.

Sesuai rencana, pendirian dan penguatan tiang pancang jembatan bakal dilakukan dalam waktu dekat.

“Hari ini pembongkaran jembatan, dan setelah selesai, targetnya satu minggu kedepan,” kata Irwan. (ADV)

Pewarta: Anis
Editor: U Hadi