Pembangunan Malang Creative Center Bakal Rampung Bulan Ini | SATUKANAL.COM
Malang

Caption: Berdiri megah, Gedung MCC tampak dari bagian depan (Doc: Lutfia/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kota Malang – Sebentar lagi Kota Malang akan memiliki pusat kegiatan anak-anak muda dan pelaku ekonomi kreatif yang berada di gedung Malang Creative Center (MCC).

Proyek pembangunan MCC yang telah berlangsung sejak tahun 2021 itu direncanakan selesai pada bulan Juli 2022 ini.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi menjelaskan, progres pembangunan MCC per hari Jumat (8/7/2022) telah mencapai 98,3 persen.

“Per Jumat kemarin sudah 98,3 persen, yang kurang hanya uji lift, AC, sama pompa. Insyaallah minggu depan selesai sesuai akhir kontrak tanggal 21 Juli 2022,” jelas Diah usai meninjau MCC, Kamis (14/7/2022).

“Baru setelah itu pengoperasian ada di Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang. Sekarang tinggal pembersihan aja,” lanjut dia.

Diah melanjutkan, usai berakhirnya masa kontrak dari pihak penyedia akan melakukan Provisional Hand Over (PHO), yakni serah terima sementara pekerjaan.

Barulah setelah itu, lanjut Diah, pihak DPUPRPKP Kota Malang melakukan pengecekan dan memberikan catatan apabila ada perbaikan.

“Setelah ada yang diperbaiki kita terima penyerahan pertamanya. Baru setelah itu kita akan serahkan ke Pemkot Malang untuk bisa dimanfaatkan, tapi penyedia masih punya tanggungan satu tahun pemeliharaan. Setelah setahun pemanfaatan itu kemudian penyedia melakukan penyerahan kedua, final,” bebernya.

Penyerahan keseluruhan gedung MCC ke Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, termasuk pada pencatatan asset, dilakukan usai adanya perbaikan apabila diperlukan di penyerahan kedua.

Sementara itu, biaya operasional hingga pengisian MCC sepenuhnya berada di tangan Diskopindag Kota Malang, dan pada 2023 mendatang Diskopindag merencanakan pengajuan Rp8 miliar termasuk untuk pengoperasian.

“Ada anggaran Rp2 miliar untuk 2022, kemudian ada dana Rp10 miliar dari BK Provinsi, ini di PAK mengajukan lagi sekitar Rp13 miliar. Semua itu untuk mengisi operasional dalamnya MCC, mulai sofa, jaringan Wifi, furniture, alat untuk animasinya, dan lain-lain,” ujar Diah.

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi

Advertisements