Pasar Kasin Malang Punya UMKM Corner | SATUKANAL.COM

Satukanal.com, Kota Malang – Pasar Kasin yang terletak di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun kini telah memiliki UMKM Corner yang baru saja diresmikan oleh Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko pada Rabu (6/7/2022).

Produk-produk UMKM yang dipasarkan merupakan hasil dari binaan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

“Pasar sehat semakin hari makin kita tingkatkan dengan berbagai inovasi seperti ini (UMKM Corner) supaya Pasar Kasin juga menjadi rujukan seperti pasar yang kita punya di Oro-oro Dowo,” ujar Sofyan Edi.

Kondisi Pasar Kasin yang sudah bersih dan tertata rapi tak dapat dipungkiri berhasil membuat pembeli merasa nyaman untuk berbelanja di pasar. Kondisi tersebut dinilai dapat dikolaborasikan dengan UMKM Corner sebagai ajang untuk memasarkan produk UMKM binaan Diskopindag Kota Malang agar dapat semakin mudah dijangkau oleh masyarakat.

“Diskopindag kan punya binaan, pelaku usaha UMKM itu dibina mulai dari tidak ada legalitasnya dia sudah melakukan kegiatan produksi, kita fasilitasi perijinan, pelatihan, dll,” ujar Retno Wijayanti selaku Koordinator dari UMKM Corner di Pasar Kasin.

Menurut penjelasan dari Retno, UMKM yang diberikan binaan kemudian dihubungkan dengan perbankan terkait pendanaan. Produk yang telah dihasilkan tersebut tentu saja harus dipasarkan dan kemudian oleh Pemerintah Kota Malang pelaku UMKM tersebut kembali diberikan fasilitas seperti UMKM Corner yang ada di Pasar Kasin.

“Ini salah satu bentuk bagaimana tempat yang dimiliki oleh Pemkot Malang yang ada space dijadikan sebagai tempat untuk memasarkan produk UMKM. Kita nggak cuma ini saja tapi juga ada yang dijual online. Ini upaya hulu-hilir, bagaimana UMKM bisa tumbuh dan kuat,” lanjutnya.

UMKM Corner yang ada di Pasar Kasin ini dijadikan sebagai pemantik supaya pasar-pasar lainnya di Kota Malang juga dapat melakukan hal yang sama untuk memasarkan produk UMKM. Menurut Retno yang juga pelaku UMKM, semakin banyak pasar yang memiliki UMKM Corner maka akan berdampak bagus terhadap perkembangan UMKM di Kota Malang.

 

 

 

Pewarta: Lutfia 

Editor: Ubaidhillah