Orangtua Wajib Tau, Ini Tanda Anak Alami Pelecehan Seksual | SATUKANAL.COM
May 27, 2022
pelecehan seksual anak

Ilustrasi pelecehan seksual pada anak (Dok.)

Satukanal.com, Nasional – Akhir-akhir ini sedang marak kasus pelecehan seksual oleh guru atau pemuka agama terhadap anak membuat mereka ada dalam posisi rentan.

Adanya kasus tersebut, peran orangtua sangat penting dalam memberikan pembekalan ilmu dan kesadaran terkait kesehatan reproduksi dan kewaspadaan menjaga diri.

Sayangnya, banyak orang tua tidak sadar bahwa anaknya adalah korban. Karena itu, sangat penting bagi orang tua mengenal dan melihat tanda-tanda kemungkinan anaknya mengalami pelecehan seksual.

Pengetahuan ini sangat penting diketahui orang tua agar anaknya tidak menjadi korban dan akhirnya trauma pada masa mendatang.

Tanda anak alami pelecehan seksual

1. Perubahan perilaku mendadak

Ketika anak menjadi korban pelecehan seksual, anak mungkin jadi agresif, menarik diri, jadi penakut, sulit tidur, sering mengalami mimpi buruk atau bahkan mengompol. Perubahan perilaku semacam ini bisa jadi bentuk dari sebuah trauma yang dirasakan anak akibat mengalami pelecehan seksual.

2. Menghindari pelaku

Orang tua harus berhati-hati jika seorang anak tidak menyukai orang yang dia sukai sebelumnya. Anak bahkan mungkin menunjukkan gejala ketakutan yang ekstrem pada orang tersebut dan mencoba tidak menyendiri dengan diri sendiri. Hal ini biasa terjadi pada anak-anak yang secara berulang-ulang disiksa anggota keluarga atau teman.

Baca Juga :  Ranking BWF Tunggal Putra 2022, Jonatan Christi di Posisi Berapa?

3. Memberikan petunjuk

Anak-anak juga dapat memberikan petunjuk bahwa pelecehan itu terjadi tanpa mengungkapkannya secara langsung. Misal mereka jadi lebih sering murung, menangis, atau seperti ingin bercerita tapi tertahan.

4. Masalah kesehatan

Beberapa korban sering menderita berbagai masalah kesehatan, termasuk nyeri di daerah genital dan dubur, serta infeksi menular seksual. Orang tua harus berhati-hati jika melihat memar di bagian tubuh anak yang tidak terpapar dan dia gagal menjelaskan penyebabnya.

Cara Menyikapi Pelecehan Seksual pada Anak

1. Mengajak anak berbicara

Dilansir dari Alodokter, cobalah untuk mengajak anak berbicara dengan Anda dari hati ke hati. Ketika anak sudah mulai bercerita, usahakan untuk tetap tenang dan dengarkan ia dengan cermat. Selain itu, hindari menyela perkataan anak meski Anda merasa marah pada pelaku pelecehan seksual atau sulit memahami hal yang sedang ia ceritakan.

Baca Juga :  Sea Games 2022: Filipina Kalah Indonesia Menang, Persaingan Grup Makin Membingungkan

2. Beri anak waktu untuk bercerita

Pahami bahwa tidak semua anak dapat menceritakan kejadian buruk ini dalam waktu cepat. Jika anak belum siap untuk bercerita, berikan ia waktu untuk menenangkan diri terlebih dahulu hingga ia dapat terbuka dengan Anda.

3. Berikan dukungan penuh

Anda dapat memberikan dukungan pada anak dengan memercayai seluruh perkataannya dan meyakinkan dirinya bahwa hal yang terjadi bukanlah kesalahannya. Jelaskan juga bahwa menceritakan kejadian yang ia alami kepada Anda merupakan tindakan yang tepat.

Selain itu, beri tahu anak bahwa Anda akan selalu berada di sisinya kapan pun ia butuhkan. Dengan demikian, anak akan merasa lebih aman dan dilindungi oleh Anda.

 

 

Editor : Naviska