Obati Kerinduan Terhadap Makanan Jadul, The Shalimar Boutique Hotel Gelar ‘Tong Tong Night Market’ | SATUKANAL.COM
Tong Tong Night Market

Caption: Salah satu makanan tradisional yang ada di Tong Tong Night Market (Doc: Lutfia/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kota Malang – The Shalimar Boutique Hotel Malang menggelar ‘Tong Tong Night Market’ di Taman Tjerme. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan makanan tradisional Indonesia dan makanan khas Belanda.

Acara ini terinspirasi dari pengalaman hidup sang pemilik hotel, Lily Jessica Tjokrosetio, selama tinggal di Belanda.

Event tahunan ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut, dimulai pada Jumat (29/7/2022) dan berakhir pada hari Minggu (31/7/2022).

“Saya tinggal di Belanda selama 12 tahun, dan setiap berangkat kuliah melewati lapangan besar yang tiap tahun di bulan tertentu ada Tong Tong Fair untuk mempromosikan Indonesia. Saya terfikir untuk membawa ide Tong Tong ke Indonesia, karena saya lihat generasi muda banyak yang sudah tidak tahu makanan tradisional Indonesia,” jelas Lily, Sabtu (30/7/2022).

Meskipun harus mengalami jeda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Lily bersama pihak-pihak dari The Shalimar bersikukuh untuk kembali melanjutkan agenda rutin yang telah dirintis sejak 2016 tersebut.

Baginya, Tong Tong Night Market telah menjadi salah satu identitas dari kehidupan The Shalimar.

“Tong Tong Night Market juga telah menjadi agenda tahunan Pemkot Malang. Kami ingin mengembalikan makanan dan budaya heritage, karena ada makanan yang sudah jarang ditemui di jalan,” lanjutnya.

Menariknya, tak hanya menghadirkan kembali makanan tradisional Indonesia, di Tong Tong Night Market ini juga membawa makanan khas Belanda.

Tak hanya itu, transaksi antara pengunjung dan setiap tenant dilakukan menggunakan kupon bernilai 1 gulden untuk 1 lembarnya, yang didapatkan dengan menukarkan uangnya di loket yang telah disediakan.

“Event kami yang terakhir di tahun 2019, itu ada sekitar 2500 pengunjung selama tiga hari. Reaksi market ini sesuatu yang tidak bisa diprediksi, tetapi semoga tetap sama (diminati) seperti event di 2019,” harap Lily.

Pembukaan Tong Tong Night Market pada Jumat (29/7/2022) dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, dengan didampingi oleh istrinya yakni Arumi Bachsin.

Lalu juga hadir Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, hingga Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia Lambert Girjns.

“Malang ini menurut saya mempunyai potensi yang luar biasa menjadi kota heritage, kota wisata yang alamnya indah dan harus diisi oleh kegiatan-kegiatan seperti ini. Kita juga akan melakukan persahabatan erat dengan Belanda untuk beberapa penanganan,” kata Emil.

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi

Advertisements