Ketahui Niat Puasa Syawal Serta Batas Akhir Pelaksanaannya | SATUKANAL.COM
May 27, 2022
Niat Puasa Syawal

ilustrasi waktu berpuasa (Foto: Pixabay.com)

Satukanal.com, Nasional– Bagaimana niat puasa syawal? Hal ini mungkin menjadi pertanyaan sebagian orang yang hendak menjalankan salah satu ibadah sunah ini.

Seperti diketahui, puasa syawal merupakan berpuasa selama enam hari di bulan di bulan syawal atau pasca Lebaran Idul Fitri.

Puasa ini dikerjalan untuk menyempurnakan pahala puasa Ramadhan yang dilaksanakan pada bulan sebelumnya selama kurang lebih 30 hari.

Tak tanggung-tanggung, jika seseorang mengerjakan ibadah puasa sunah ini maka pahala dari enam hari puasa syawal setara dengan puasa satu tahun penuh.

Rasulullah SAW.  HR. Muslim mengisahkan Abu Ayyub al-Ansari menuturkan bahwa Rasulullah SAW berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkan puasa di bulan Syawal selama enam hari.

Hal tersebut dicatat dalam hadits yang berbunyi, “Abu Ayyub al-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata, “Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus-menerus.” (HR Muslim).

Baca Juga :  Jadwal Uber Cup 2022, Hari Ini Indonesia Tantang Jepang

Lantas, kapan batas akhir puasa syawal 2022?

Batas akhir puasa syawal sendiri bisa diketahui dari HR. Muslim yang mengungkapkan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.”

Maka, dari hadits tersebut sudah jelas bahwa kita tidak boleh puasa pada tanggal 1 syawal. Puasa syawal dimulai pada tanggal 2 syawal sampai enam hari kemudian. Puasa syawal dilaksanakan selama enam hari selama bulan syawal.

Dengan begitu, batas akhir puasa syawal adalah tanggal 30 syawal. Dianjurkan untuk melaksanakan puasa mulai hari ke dua sampai enam hari kemudian di bulan syawal.

Meski demikian, puasa ini juga tetap bisa dilaksanakan di minggu kedua asalkan tetap dilakukan selama enam hari di bulan syawal.

Adapun, akhir bulan syawal atau 30 syawal jatuh pada 31 Mei 2022. Sedangkan pada tanggal 14-16 Mei 2022, ada puasa Ayyamul bidh yang dapat dikerjakan di bulan syawal ini.

Baca Juga :  Masa Jabatan Akan Selesai, 3 Nama Calon Pengganti Anies Baswedan Diserahkan ke Jokowi September

Niat Puasa Syawal

Pelaksanaan puasa syawal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan puasa Ramadan. Hanya saja yang membedakan yakni niat puasa ini. Berikut niat puasa syawal:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta’alaa.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Pelaksanaan Puasa Syawal

Untuk melaksanakan puasa ini, terdapat tata caranya yakni sebagai berikut:

1. Membaca niat puasa syawal

Niat puasa ini telah disampaikan di atas. Jangan lupa untuk membaca niat tersebut sebelunya melakukan ibadah sunnah yang satu ini.

2. Dilaksanakan selama enam hari

Pelaksanaan puasa ini dilakukan selam aenam hari. Apabila pusa syawal yang Anda lakukan dimulai setelah hari raya Idul Fitri maka batas akhirnya adalah hari ke tujuh bulan syawal.

Jika Anda memulai pada hari ke tujuh maka batas akhirnya di hari ke 12 bulan syawal dan begitu seterusnya. (adinda)