Mulai 7 Februari, Pembalap MotoGP Tiba Di Mandalika | SATUKANAL.COM
May 27, 2022
WSBK 2022

Sirkuit Mandalika di Lombok (Foto: Instagram @motogplombok)

Satukanal.com, Nasional– Pembalap dan rombongan tim MotoGP dijadwalkan tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 7 Februari 2022.

Mereka dijadwalkan akan mengikuti official test yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) pada 11-13 Februari 2022.

Sedangkan pada akhir pekan ini yakni pada 5-6 Februari 2022, para pembalap akan lebih dulu menjalani tes di Sirkuit Sepang, Malaysia.

“Para pembalap MotoGP 2022 akan tiba pada 7 dan 8 Februari,” kata Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda dikutip dari cnnindonesia.com.

Total sebanyak 505 personel akan mendarat di Lombok dan langsung menjalani karantina travel bubble selama lima hari di hotel masing-masing.

Senada dengan pernyataan Cahyadi, Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggaara Barat, Lalu Hamzi Fikri menjelaskan bahwa kedatangan mereka pada Senin 7 Februari 2022.

Baca Juga :  Sea Games 2021: Vietnam Ditahan Tim Kuda Hitam, Indonesia Harus Waspada, Timor Leste Kembali Merana

“Tiba di Lombok langsung dimulai travel bubble. Sejak kedatangan di Bandara Lombok, menuju hotel dan beraktivitas di sirkuit dengan hasil tes PCR negatif,” ungkapnya.

Menurutnya, tim medis akan menangani kesehatan di ring  1 (sirkuit), ring 2 dan ring 3. Di luar Sirkuit Mandalika ada Satgas Travel Bubble Nasional dan daerah yang telah ditugaskan.

Terkiat persiapan menuju tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, menurut Cahyadi sedang dikerjakan pihak MGPA. Salah satunya adalah pemenuhan syarat homologasi agar Sirkuit Mandalika dinyatakan layak untuk balapan MotoGP 2022.

Homologasi mengacu FIM Standards for Circuits edisi 2021 adalah prosedur yang harus dipenuhi untuk mendapatkan lisensi sirkuit. Lisensi ini berguna untuk penentuan tipe balapan yang layak di sirkuit tersebut.

Baca Juga :  Ketahui Niat Puasa Syawal serta Batas Akhir Pelaksanaannya

“Salah satunya (yang dikerjakan MGPA adalah) homologasi. Selebihnya kita juga menyiapkan media center, pembangunan grand stand yang sudah akan datang, dan koordinasi teknis dengan Dorna,” ungkapnya.

Terkait penyelenggaraan tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, sejumlah kargo sudah mulai tiba di Lombok. Setelah ban tiba, dikabarkan Cahyadi bahan bakar sepeda motor MotoGP juga sudah sampai.

“Beberapa bahan bakar sudah tiba. Tapi belum komplet. Itu kargo yang dari laut. Nanti tanggal 7 Februari datang yang dari udara,” ucap Cahyadi menjelaskan waktu kedatangan bahan bakar. (Adinda)