Mudik Lebaran 2022, Kemenhub Waspadai Sejumlah Titik Rawan Kemacetan | SATUKANAL.COM
lebaran 2022

Satukanal.com, Nasional– Merayakan Lebaran 2022 selalu diidentikka dengan mudik. Tak heran, jika sejumlah ruas jalan mengalami kemacatean lantaran padatnya volume kendaraan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat sejumlah titik di jalan nasional, arteri, hingga tol yang rawan kemacetan selama masa arus mudik Lebaran 2022.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya bersama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah menyiapkan skema untuk mengantisipasi kemacetan tersebut.

“Beberapa titik kemacetan yang pertama sedang kami amati, pastinya akan terjadi dari Jakarta sampai dengan Cikampek. Baik mudik, maupun balik,” kata Budi, Jumat (8/4/2022) dikutip dari cnnindonesia.

Kemudian, pihaknya juga mengantisipasi titik kemacetan di sekitar Jalan Pejagan hingga Prupuk, Jawa Tengah. Menurutnya, di lokasi itu terdapat kerusakan jalan sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan kemacetan.

Baca Juga :  Link Twibbon 17 Agustus Peringati HUT ke 77, Cocok Untuk Status WhatsApp

Meski demikian, Kementerian PUPR menyatakan bakal mengupayakan perbaikan jalan. Sehingga, H-10 Lebaran ruas jalan tersebut sudah rampung dan tak menghambat arus lalu lintas.

Titik lain yang turut diantisipasi ialah akses menuju Pelabuhan Merak, Banten dan Bakauheni, Lampung. Menurutnya, dua lokasi tersebut dinilai dapat menjadi titik kemacetan.

“Kami juga antisipasi gate toll yang di Cikande. Itu juga nanti akan kami perhatikan. Karena pada kondisi saat sekarang di KM 57 jalur A B Jakarta-Merak ini juga dalam tahap perbaikan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa sejumlah tempat wisata juga diprediksi akan menjadi pusat kemacetan selama masa libur Lebaran. Beberapa yang dipantau misalnya seperti di wilayah Puncak, Pangandaran, Batu Raden, Purwokerto.

Baca Juga :  Susunan Upacara 17 Agustus dari Awal Hingga Akhir, Lengkap dengan Daftar Petugasnya

“Untuk Jalan Nasional biasanya juga yang kami amati kemacetan itu terjadi di sekitar antara Bawen, Salatiga sampai ke Arta Kartasura. Itu juga cukup rawan kemacetan,” ucap dia.

Selain itu, pemerintah juga mengantisipasi kemacetan yang dapat terjadi sepanjang arus perjalanan dari arah Magelang hingga ke Yogyakarta.

“Kami dengan Korlantas Polri sudah menyiapkan beberapa skemanya termasuk menyiapkan beberapa petugas yang stand by di pos-pos pelayanan yang ada di rawan kemacetan, rawan kecelakaan dan juga rawan gempa dan banjir sebagainya,” tutur dia. (adinda)