SATUKANAL.COM
BBM dan tarif tol
ilustrasi mudik saat lebaran dengan kendaraan pribadi (Foto: Satukanal.com)
BERITA Hiburan Kanal Highlight Kanal Viral Kanal Viral

Mudik Diizinkan tapi Harga BBM dan Tarif Tol Naik, Warganet: Pakai Kuda Saja!

Satukanal.com, Nasional Sejumlah aturan terkait mudik lebaran memang sudah dilonggarkan pemerintah pada tahun ini. Meski begitu, pelonggaran ini justru dibarengi dengan adanya kenaikan BBM dan tarif jalan tol.

Kenaikan itu dipicu dengan tingginya sejumlah harga kebutuhan pokok. Seperti diketahui, mengacu pada Peraturan Pemerintah No.15 Tahun 2005, kenaikan tarif tol memang akan terus terjadi setiap dua tahun sekali.

Beberapa ruas tol di Trans Jawa pun mengalami kenaikan tarif, seperti ruas Tol Cipali dan tol Gempol-Pandaan.

Kenaikan yang mencapai belasan ribu rupiah per golongan kendaraan ini membuat banyak masyarakat yang mengeluh.

Pasalnya, tidak ada peningkatan pelayanan yang signifikan terhadap pengaturan volume kendaraan. Selain itu, kondisi jalanan juga masih banyak ditemukan jalan yang berlubang, serta kecelakaan di berbagai ruas tol.

Warganet sendiri menyambut kenaikan tarif jalan tol dan harga BBM dengan kritikan. Banyak yang menyebut percuma diizinkan mudik, jika pada akhirnya dipersulit dengan kenaikan biaya jalan tol sampai harga BBM yang memberatkan.

Beberapa di antara mereka mengeluhkan kondisi yang terjadi. Meski diperbolehkan mudik, namun kondisi yang terjadi seakan membuat mereka harus kesulitan mudik lantaran adanya kenaikan BBM.

“Giliran boleh mudik tapi bensin sama tarif tol nya naik. Siap,” sindir warganet.

“Kado lebaran 2022: pertamax naik, tarif tol naik, minyak goreng naik, PPN naik,” keluh warganet.

Salah satu warganet bahkan menyebut bahwa tahun ini mudik tidak menggunakan kendaraan, melainkan menggunakan kuda saja. Sebab, tarif tol dan BBM yang naik.

“Tarif tol naik, BBM naik. Mudik pakai kuda aja,” tambah yang lain.

Ada pula warganet yang mengucapkan selamat atas semua kenaikan yang terjadi di tahun ini. Mulai dari minyak goreng hingga BBM.

“Setelah migor naik, BBM naik, gas naik dan harga tol naik, silahkan mudik dan menikmati aneka kenaikan ini,” sentil warganet.

(adinda)

Kanal Terkait

Satukanal.com