Miris! Atap Bangunan Sekolah Di Jombang Ini Hampir Ambruk
Jombang

Caption: Kondisi salah satu ruang kelas di SDN 02 Talunkiduldi Sumobito yang rusak parah di bagian atap. (Anggit/Satukanal.com)

Satukanal.com, Jombang – Fasilitas belajar mengajar di Kabupaten Jombang rupanya masih ada yang belum layak untuk dipakai menimba ilmu.

Seperti di SDN 02 Talunkidul, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang.

Puluhan siswa di SD tersebut harus belajar dengan kondisi ruang kelas yang jauh dari kata layak.

Seperti plafon gedung yang ‘hanya’ disangga oleh bambu. Beberapa bagian di sisi atap juga bolong tidak terawat.

Salah satu guru SDN 02 Talunkidul, Aan Kurniawan mengatakan, kondisi gedung bangunan yang rusak sudah terjadi beberapa bulan yang lalu.

Awalnya hanya bocor biasa, namun lama-kelamaan kayu gedung bangunan mulai rapuh.

“Sudah lama, beberapa bulan yang lalu. Khawatir juga, karena ada siswa yang belajar di sini. Harapannya bisa segera diperbaiki. Karena takutnya ada bagian bangunan yang ambruk,” kata Aan kepada Satukanal.com, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga :  Kata Polresta Mojokerto Soal Anggotanya yang Dikabarkan Digerebek Warga Gegara Selingkuh dengan Istri Tentara

Mendapat laporan mengenai kondisi SDN 02 Talunkidul, Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyempatkan diri melihat kondisi kerusakan jebolnya atap ruang kelas di SD tersebut.

Berdasarkan hasil pantauan, tampak kondisi plafon di ruang kelas V jebol. Pihak sekolah sementara pemasangan kayu penahan agar plafon tidak ambrol.

Sedangkan untuk bangku siswa diubah model U atau ‘mepet ke tembok’ sebagai langkah antisipasi saat terjadi kerusakan susulan.

“Sebagai langkah antisipasi sementara bisa dilakukan perbaikan plafonnya, karena kondisi kayunya masih baik,” tutur Mundjidah.

Baca Juga :  Harga Tabung Gas LPG Non Subsidi Naik, Agen Kena Dampak

Mundjidah menyebut SDN Talunkidul 1 dan Talunkidul 2 akan dimerger. Pelaksanaan merger bisa dilaksanakan pada tahun ajaran baru.

Sementara untuk SDN Talunkidul 2 nantinya bisa dimanfaatkan sebagai Kantor Wilayah Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yang sementara berada di depan Stasiun Sumobito.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Senen, menyebut bahwa berdasarkan Keputusan Bupati Jombang No. 188.4 45/152/415.10.1.3/2022 SDN Talunkidul 1 dan 2 termasuk SDN yang dimerger.

“Dari hasil merger akan ditempatkan di SDN Talunkidul 1, karena sarana dan prasarananya lebih memadai,” ujarnya.

Reporter: Anggit Pujie Widodo
Editor: U Hadi