Menparekraf Sandiaga Tinjau Semen Blitar, Salah Desa Yang Masuk 50 Besar ADWI 2022 | SATUKANAL.COM
Blitar

Caption: Menparekraf Sandiaga Uno menaiki kuda kayu karya warga Desa Semen, Rabu (29/6/2022). (Foto: Bahtiar/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kabupaten Blitar – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Rabu (29/6/2022).

Desa Semen merupakan salah satu dari 50 desa yang dinobatkan dan masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Sandiaga menuturkan, pihaknya mengapresiasi Kabupaten Blitar yang dua tahun berturut-turut salah satu desanya masuk dalam 50 besar ADWI.

Pada tahun 2021 lalu, Desa Serang di Kecamatan Panggungrejo yang masuk 50 besar ADWI. Kali ini pada tahun 2022 giliran Desa Semen.

“Kami sangat berbahagia melihat bahwa bupati bisa membina dua desa wisata. Kemudian back to back. Sangat sulit sebuah daerah memenangkan anugrah desa wisata dua tahun berturut-turut. Tahun lalu di Desa Wisata Serang, tahun ini di Desa Wisata Semen,” kata Sandiaga.

Baca Juga :  Pemkab Gelar Khitan Massal untuk Peringati Hari Jadi ke-698 Blitar, Target Diikuti 2.000 Anak

Sandiaga berharap hal ini menjadi momen kebangkitan wisata di Kabupaten Blitar. Dengan daya tarik Desa Wisata Semen, diharapkan banyak tercipta lapangan kerja.

“Saya lihat daya tarik wisata dikelola dengan baik, saya ucapkan terima kasih. Saya apresiasi warga yang hadir, karena ini dikerjakan bersama-sama dalam konsep pariwisata berbasis komunitas. Ini banyak peluang untuk menciptakan lapangan kerja. Karena tadi saya lihat banyak potensi,” jelasnya.

Baca Juga :  Hilang Kendali Saat Hindari Pemotor, Truk Bermuatan Tebu Terguling di Pinggir Rel KA Blitar

Kedatangan Sandiaga di Desa Semen disambut Bupati Blitar Rini Syarifah. Mak Rini, sapaan akrab Rini Syarifah, mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf yang kembali mempercayai desa di Kabupaten Blitar masuk 50 besar ADWI.

“Alhamdulillah pada sore hari ini kita kedatangan tamu istimewa. Setahun lalu kami bertemu di Desa Serang, sekarang di Desa Semen. Kami berharap ADWI dimenangkan Desa Semen,” harap Mak Rini. (ADV)

Pewarta: Bahtiar
Editor: U Hadi