Menghapus Email Untuk Selamatkan Bumi
May 22, 2022
Menghapus email

Menghapus email demi keselamatan bumi. (Ilustrasi: Freepik.com)

Satukanal.comMenghapus email kerap kali kita sepelekan. Email sendiri merupakan salah satu alat komunikasi daring yang mudah diakses untuk banyak keperluan formal dan informal. Bahkan, email menjadi media untuk menyimpan arsip data-data lama.

Namun, Menghapus email ternyata bisa menyelamatkan bumi,  dikarenakan dapat  membantu mengurangi emisi karbon yang menyebabkan pemanasan global.

Kenapa Menghapus email bisa membantu mengurangi pemanasan global? Berdasarkan Eco2 Greetings, email yang berbasis teks tersimpan dalam server raksasa yang memancarkan 4 gram CO2 setara dengan karbon dioksida. Diperkirakan juga, rata-rata email yang dikirim memancarkan sekitar 136 kilogram CO2E.

Opsi Menghapus email ini diungkap dalam  tagar Let The Earth Breath yang menjadi topik di media sosial twitter. Diketahui tagar tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengingatkan  misi penyelamatan bumi. Krisis iklim menjadi penyebab kondisi bumi tidak stabil.

Baca Juga :  Google Datangkan Pixel Buds Pro dengan Fitur Lebih Canggih

Dalam penelitian juga ditemukan sebanyak 78 persen email yang dikirim masuk ke folder spam. Bahkan per-tahun email yang masuk dalam folder spam dapat mencapai hingga 62 triliun email.

Proses pengiriman dan penerimaan email spam inilah yang juga menyumbang dampak besar terhadap perubahan iklim pemanasan global. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan cara menghapus email yang berlebihan.

Cara Menghapus Email di Gmail

Masuk akun gmail terlebih dahulu, kemudian pilih kotak menu “kotak masuk”

Baca Juga :  China Berburu Exoplanet dengan Teleskop Bumi 2.0

Lalu klik simbol kotak di bagian kiri atas dan pilih kategori pesan yang ingin dihapus, seperti sudah dibaca, belum dibaca, berbintang, tidak berbintang, atau pun seluruh pesan.

Setelah mencentang kategori pesan yang ingin dihapus, klik simbol “hapus”

Kemudian pindah ke menu “sampah”, centang simbol kotak di bagian kiri atas dan klik “hapus selamanya”

Ada pula cara lain seperti berhenti berlangganan pada platform tertentu agar tidak menerima email secara otomatis. Kemudian beberapa cara menghapus email sekaligus di gmail dan platform lain dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan. (Aini/Danu)