Mengenal Kampung G Desa Medowo, Potensi Wisata Terpendam Di Ujung Timur Kediri
Medowo

Kampung G di Desa Medowo yang menyimpan sejuta potensi wisata andalan di Kabupaten Kediri

Satukanal.com, Kabupaten Kediri – Pemandangan indah hutan tropis dipastikan bakal mempesona setiap pelancong yang berkunjung ke Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Selain hutan tropis, desa yang berada di pengujung timur Kabupaten Kediri ini juga dekat dengan destinasi wisata menarik lainnya, seperti wisata edukasi, agro, bukit, air terjun, dan bekas bangunan Belanda.

“Ada juga cengkeh, ubi talas, susu sapi perah, durian, dan manggis asli daerah sini,” ujar Kusrini (43), perempuan asli Kampung G, Dusun Ringinagung, Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri.

Agar bisa menikmati pemandangan indah di desa ini, khususnya di Kampung G, pengunjung disarankan berangkat lebih pagi, mengingat cuaca sore cenderung mendung dan hujan.

Desa Medowo sendiri terletak di ujung timur wilayah Kabupaten Kediri, berbatasan dengan Kabupaten Jombang dan Malang, di bawah lereng Gunung Anjasmoro, tepatnya 35 kilometer dari pusat Kota Kediri.

Baca Juga :  Persik Kediri Dibungkam Madura United dengan Skor Tipis 1-0

Tak ayal apabila Desa Medowo memiliki pesona alam dan suasana sejuk cenderung dingin.

“Banyak yang ke sini melihat sungai, ada juga sekedar ingin menghirup udara sejuk yang berlatar hutan tropis,” beber Kusrini atau yang biasa dipanggil Mbah Siram.

Kampung G di Desa Medowo bisa dikatakan punya potensi alam yang melimpah, berupa lereng pegunungan dan lahan pertanian yang terhampar luas.

Pun di sepanjang jalan desa, Mbah Siram bersama warga menghias kampung dengan menanam berbagai bunga di depan rumah masing-masing.

Tembok polos pun dihiasi sedemikian rupa dengan lukisan cat, agar menambah kecantikan sebagai desa wisata.

“Agar orang yang lewat menjadi senang, bisa melihat dan menikmatinya,” tutur Mbah Siram.

Kampung G dihuni sekitar 18 kepala keluarga (KK), dan berbatasan langsung dengan dua kabupaten. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Jombang, serta sebelah timur dan selatan dengan Kabupaten Malang.

Diceritakan Mbah Siram, Kampung G ini bermula dari adanya relokasi akibat bencana banjir bandang yang terjadi pada tahun 2006 silam.

Baca Juga :  Persik Kediri Bermain Kandang Lawan Borneo FC, Panpel Terbitkan Tribun Kelas Utama Rp75 Ribu

“Ada juga kampung A sampai F, tapi ini yang paling ujung,” ujarnya.

Potensi wisata Kampung G di Desa Medowo, dikatakan Mbah Siram sangat tinggi. Udaranya yang sejuk, kebiasaan warga yang bercocok tanam, dan peternak sapi perah bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, banyak komoditas yang dapat dikembangkan dari kampung ini. Salah satu yang menjadi andalan warga adalah tanaman kopi dan durian.

Sementara di dekat Kampung G ini juga terdapat beberapa destinasi wisata lain, seperti Bukit Gandrung Tanggulasi, Air Terjun Sumberjodo, edukasi sapi perah, agrowisata durian dan manggis.

“Di sini ada juga Sumber Londo (Belanda), dan perkebunan kopi yang menjadi akses menuju kawasan wisata Air Terjun Tretes milik Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Suryo Jatim,” pungkas dia.

Pewarta: Anis
Editor: U Hadi