Membumikan Musik Tradisi Melalui Dokumentasi 100 Album Musik Nusantara MMI | SATUKANAL.COM
Membumikan Musik Tradisi Melalui Dokumentasi 100 Album Musik Nusantara MMI

MMI Luncurkan Dokumentasi 100 Album Musik Tradisi Nusantara (Foto: Lutfia/ Satukanal.com)

Satukanal.com, Malang– Luncurkan Dokumentasi 100 Album Musik Tradisi Nusantara, Museum Musik Indonesia (MMI) perkuat komitmen pelestarian dan membumikan musik tradisi Indonesia.

Melalui program Memory of The World Committee Asia Pasific (MOWCAP), MMI berhasil menyediakan akses publik terhadap koleksi album musik tradisional untuk bisa diketahui khalayak luas.

“Kita posting di website, maka seluruh dunia bisa melihat. Memang yang disasar oleh UNESCO adalah keterbukaan dan kemudahan akses informasi terhadap karya-karya budaya,” ujar Hengki Herwanto selaku Ketua MMI.

Diketahui, pada Rabu (15/12/2021) MMI telah berhasil meluncurkan pendokumentasian musik tradisi nusantara tersebut dalam bentuk buku cetak sekaligus ditayangkan melalui website resmi dari Museum Musik Indonesia.

Baca Juga :  Dana Transfer Pemerintah Pusat Naik Jadi Rp 1 Triliun, Walkot Malang: Ini Baru Turun Rp 200 Miliar

Dalam pendokumentasian tersebut terdapat rangkuman 100 album musik tradisi garapan anak bangsa yang tersebar dari Aceh hingga Papua berasal dari koleksi yang dimiliki oleh MMI.

Dalam pengerjaannya yang berlangsung dari bulan Agustus hingga Desember 2021, Tim MMI berhasil melakukan kurasi dari 25.000 album menjadi 100 koleksi terpilih.

Ari Yusuf Prasetya selaku manager program mengungkapkan, terdapat beberapa tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan dokumentasi ini.

“100 koleksi terpilih adalah koleksi music tradisional atau etnik yang diklasifikasikan berdasarkan asal provinsinya,” ungkap Ari Yusuf Prasetya.

Seleksi dan pengkurasian menjadi hal pertama yang dilakukan oleh tim, setelah terpilih 100 album tersebut diambil gambar digitalnya dari berbagai sisi.

Baca Juga :  Obati Kerinduan terhadap Makanan Jadul, The Shalimar Boutique Hotel Gelar ‘Tong Tong Night Market’

Barulah setelah itu, masing-masing album dibuat deskripsi serta penarasian berbahasa Indonesia dan Inggris. Selain diunggah di situs resmi MMI, dokumentasi tersebut dibukukan dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Sayangnya, koleksi musik tradisi yang dimiliki MMI masih terbatas dan didominasi dari Pulau Jawa. Sampai saat ini MMI masih belum memiliki koleksi musik tradisi yang berasal dari Provinsi Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.

Meskipun demikian,dengan didokumentasikannya 100 album musik tradisi Nusantara ini, pendengar diharapkan dapat menangkap nilai-nilai penting yang hendak disampaikan oleh para musisi serta semakin membumikan musik tradisi yang dimiliki oleh Indonesia.

 

 

Pewarta : Lutfia
Editor : Adinda