Melihat Taman Nasional Baluran, Lokasi Eksotis Tempat Ratusan Flora Dan Fauna Asli Dilindungi
Taman Nasional Baluran

Salah satu spot foto di Taman Nasional Baluran (Foto: Ali Bisri)

Satukanal.com – Berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Situbondo, Taman Nasional Baluran menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di ujung timur Pulau Jawa.

Taman Nasional Baluran menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat kalian kunjungi ketika berkunjung ke daerah Banyuwangi, Situbondo, atau Bondowoso, karena lokasinya relatif mudah dijangkau.

Seperti taman nasional lainnya, Taman Nasional Baluran menjadi tempat di mana flora dan fauna hidup sebagai mana di alam aslinya.

Hal tersebut tentu karena ekosistem yang selalu dirawat untuk keberlangsungan makhluk hidup yang ada di Taman Nasional Baluran.

Selain itu, nuansa yang terdapat di taman nasional ini seperti sedang berada di padang rumput Afrika, yang mana semua mahkluk hidup baik manusia berserta hewan bisa melangsungkan hidupnya.

Baca Juga :  Pembubaran Kontingen, Segini Bonus yang Diterima Atlet Berprestasi Asal Kabupaten Kediri di Porprov VII Jatim

Taman Nasional Baluran memiliki luas sekitar 25 ribu hektare.

Dinamakan Taman Nasional Baluran karena lokasinya berdekatan dengan Gunung Baluran. Sebelum menjadi taman nasional pada tahun 1980-an, tempat ini merupakan hutan lindung.

Untuk destinasi yang bisa kalian kunjungi di Taman Nasional Baluran seperti padang rumput atau sabana, serta pohon-pohon yang tumbuh dengan unik seperti pohon yang ada di Afrika, menjulang tinggi namun memiliki batang dahan yang membuat rindang.

Selain pohon dan tumbuhan, apabila beruntung kalian dengan mudah bisa melihat langsung hewan-hewan seperti rusa, monyet, banteng, kerbau, hingga berbagai jenis burung yang berkeliaran di Taman Nasional Baluran.

Baca Juga :  Kinerja Ekonomi Jatim Triwulan II 2022 di Atas Rata-Rata Nasional, Tertinggi Se-Pulau Jawa

Untuk tarif tiket, bagi wisatawan lokal akan dikenai tarif Rp16 ribu-an pada hari kerja, sedang pada hari libur ada kenaikan tarif menjadi Rp18 ribu-an saja.

Bagi wisatawan asing atau mancanegara menjadi relatif lebih mahal yaitu Rp150 ribu untuk hari kerja, dan Rp225 ribu pada hari libur.

Taman Nasional Baluran bisa menjadi opsi liburan kalian bila ingin menikmati suasana pemandangan alam, serta sensasi sedang berada di alam liar.

Taman Nasional Baluran menjadi destinasi wisata unggulan di Jawa Timur, setelah Kawah Ijen, dan Bromo, maupun yang lainnya.

CC: Ali Bisri
Editor: U Hadi