SATUKANAL.COM
Mata Pegal
Kanal Kesehatan BERITA Lifestyle

Mata Pegal? Jangan Panik, Kenali 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Satukanal.com, NasionalMata pegal kerapkali kita rasakan saat kerjaan yang padat menuntut kita untuk berada di depan laptop maupun handphone terus menerus dalam waktu lama.

Mata pegal disebabkan ketika kita melihat cahaya layar yang terlalu terang dalam waktu berjam-jam. Dan tidak hanya itu saja, ada beberapa faktor lain juga yang menyebabkan mata pegal, apa saja? Yuk simak pejelasannya di bawah ini.

Penyebab Mata Pegal

1. Memaksakan Diri untuk Melihat dalam Kegelapan

Ketika berada di keadaan gelap dan kita memaksakan untuk melihat dalam ruangan, hal itu dapat menjadi salah satu penyebab mata menjadi pegal dan berat.

Cahaya yang minim membuat mata terpaksa untuk bekerja keras agar dapat melihat dengan jelas. Hal itu lantas mengakibatkan otot mata menjadi tegang dan menimbulkan rasa pegal.

2. Akibat Stres dan Lelah

Menjalani aktivitas sehari-hari tak jarang membuat kita stres atau lelah hingga mengakibatkan tubuh maupun mata menjadi pegal.

Meski begitu, belum ada penjelasan pasti mengenai keterkaitan antara stres dengan mata menjadi pegal. Namun, kebanyakan orang yang kelelahan akan lebih sulit untuk memfokuskan penglihatan mereka, sehingga berakibat pada mata pegal dan berat.

3. Gula Darah Rendah

Dalam istilah medis, kondisi gula darah rendah juga dikenal dengan sebutan hipoglikemia. Biasanya, gula darah rendah dapat mengakibatkan rasa pusing, kelelahan, dan kelaparan serta mata pegal atau penglihatan kabur.

Baca Juga :  Mengenal Diet Flexitarian, Disebut Bisa Turunkan Berat Badan dan Jaga Kesehatan

Keadaan mata yang tidak bisa melihat secara maksimal itu dapat membuat mata pegal, jika tidak segera diistirahatkan.

4. Adanya Penyakit Glaukoma

Mata terasa pegal disertai sakit kepala dapat menjadi pertanda dari gangguan medis serius, yaitu glaukoma. Glaukoma merupakan kondisi saraf optik antara mata dan otak yang mengalami kerusakan. Jika tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kebutaan.

Selain menyebabkan mata terasa pegal dan sakit kepala, gejala glaukoma memiliki gejala umum yang meliputi:

  • Mata merah
  • Mual dan muntah
  • Melihat ‘cincin’ pada cahaya

Maka dari itu, ketika kamu mengalami mata terasa pegal yang hebat dan tidak lekas membaik dalam beberapa hari, segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur atau sering begadang dapat menjadi salah satu penyebab mata terasa pegal. Pasalnya, sama seperti anggota tubuh lainnya, mata butuh waktu istirahat dan tidak dapat terus-terusan ‘bekerja’. Jika terlalu dipaksakan, otot-otot pada mata menjadi tegang hingga terasa pegal.

Cara Mengatasi Mata Pegal

Berikut ini cara mengatasi mata pegal, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Atur Pencahayaan

Cobalah untuk mengatur pencahayaan yang ada di sekitar kamu, seperti di ruang kerja atau belajar, kamar tidur, maupun kamar mandi.

Baca Juga :  Kenali Alasan Anak GTM! Ini 4 Kiat Untuk Mengatasinya

Pastikan sumber cahaya seperti lampu yang ada di lingkungan kamu tidak terlalu terang, tetapi juga tidak terlalu remang kecuali saat akan tidur.

2. Kompres Mata

Mengompres mata dapat mengatasi mata pegal, ini dapat dilakukan dengan air hangat atau air dingin. Kompres mata dapat menjadi cara alami yang dipercaya bisa merelaksasi otot-otot mata yang tegang, terasa pegal maupun buram.

Caranya juga cukup mudah, kompres mata dengan air hangat agar otot-otot mata menjadi rileks. Setelah itu, ganti dengan kompres air dingin untuk memperlancar peredaran darah pada mata yang pegal.

3. Istirahatkan Mata

Saat mata mulai terasa pegal, jangan paksakan untuk terus menatap layar maupun ruangan gelap. Setidaknya, lakukan ‘istirahat mata’ setiap 20 menit sekali saat menatap layar komputer atau gawai.

Selain itu, kamu juga bisa mengatasi mata pegal dengan mengalihkan pandangan ke objek yang berjarak sekitar 6 meter selama 20 detik.

Hal itu ditujukan agar otot-otot mata yang tegang menjadi rileks kembali. Kamu juga dapat mencoba untuk menutup mata sejenak agar rasa pegal pada mata tidak terus berlangsung.

Itu tadi penyebab mata pegal dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat.

 

 

(putri/adinda)

Kanal Terkait

Satukanal.com