Masih Berada Di Level 2, Kota Malang Persiapkan Maturitas SPIP Naik Ke Level 3 | SATUKANAL.COM
May 22, 2022

Ketua Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur bersama Wali Kota Malang usai Workshop Penilaian Mandiri dan Penjaminan Kualitas Level Pemda dan seluruh OPD tahun 2022 terkait Maturitas SPIP (foto: Lutfia/satukanal.com)

Satukanal.com, Kota Malang – Wali Kota Malang, Sutiaji mengaku optimis Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) naik satu tingkat dari yang sebelumnya di Level 2 menjadi di Level 3.

Maturitas SPIP sendiri merupakan tingkat kematangan dan kemandirian pemerintah daerah dalam mencapai pengendalian intern sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2008.

“Diadakan workshop ini juga dalam rangka meningkatkan leveling di maturitas SPIP dari level 2 ke level 3, maturitas itu kemandirian dan pengawasan secara sistem,” ujar Sutiaji usai pelaksanaan Workshop Penilaian Mandiri dan Penjaminan Kualitas Level Pemda dan seluruh OPD tahun 2022 terkait Maturitas SPIP, Selasa (10/5/2022).

Level tertinggi dari maturitas SPIP adalah level 4, sedangkan rata-rata kabupaten/kota di Jawa Timur masih berada di level 2 termasuk Kota Malang. Menurut Sutiaji apabila Kota Malang dapat meraih maturitas di level 3, maka menunjukkan bahwa kemandirian yang dimiliki oleh Kota Malang jauh lebih kuat.

“Kalau sudah di level 3 maka lebih terintegrasi dan lebih terkoneksi. Di dalam UU nomor 23 tahun 2014 pengawasan utama ada di inspektorat mengenai bagaimana pengawasan operasional keuangan. Ketika levelnya naik artinya kemandiriannya juga akan naik,” lanjutnya.

Sementara itu, Alexander Rubi Satyoadi selaku Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur menungkapkan bahwa capaian yang diperoleh Kota Malang sudah cukup luar biasa. Mulai dari 10 kali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hingga IPM berada di angka 80.

“Kalau dari capaian indikatornya, yang saya lihat menonjol dalam penilaiannya itu dari IPM Kota Malang yang sudah sampai di angka 80. Salah satu dari target yang ditetapkan yaitu capaian indikator IPM Kota Malang telah berhasil,” ujar Alexander.

 

 

Pewarta: Lutfia
Editor: Ubaidhillah