SATUKANAL.COM
Kediri
Caption: Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat sidak proses pembangunan Jembatan Ngadi di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jumat (3/6/2022).
BERITA Jatim Kediri Raya

Masih Ada Ternak Luar Daerah Masuk Kediri, Bupati Minta Kapolres Awasi Jalur Tikus

Satukanal.com, Kabupaten Kediri – Meski sudah ada larangan untuk membawa hewan ternak dari luar daerah, namun kenyataanya masih ada saja oknum pedagang yang melanggar ketentuan ini.

Temuan ini disampaikan sendiri oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat melaksanakan sidak perbaikan Jembatan Ngadi di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, pada Jumat (3/6/2022).

“Ada beberapa hal temuan di lapangan. Karena kita melarang hewan ternak dari kota maupun kabupaten lain untuk masuk, tetap kita kecolongan,” kata Mas Dhito, sapaan Hanindhito Himawan Pramana.

Mas Dhito menuturkan, hewan ternak tersebut dibawa masuk ke Kediri melalui jalur transportasi darat menggunakan truk dengan plat bernomor polisi luar kota.

Baca Juga :  Menikmati Kuliner Rawon dan Soto Seharga ‘Parkir’ di Kota Kediri, Soto Ayam Cuma Rp 2.000!

Begitu masuk ke wilayah Kabupaten Kediri, lanjut Mas Dhito, oknum sopir memindahkan hewan ternak bawaaanya ke mobil lain dengan plat bernomor polisi Kediri.

“Truk nopol (nomor polisi) luar kota, ber-KTP luar daerah masuk di Kabupaten Kediri. Dia parkir truknya, kemudian sapi dipindakan truk yang bernopol AG dan sopir ber-KTP Kediri. Jadi kita menganggap hewan ternak tadi berasal dari Kabupaten Kediri, padahal dari luar kota. Lah ini yang perlu kita pahami bersama,” beber Mas Dhito.

Baca Juga :  Menikmati Kuliner Rawon dan Soto Seharga ‘Parkir’ di Kota Kediri, Soto Ayam Cuma Rp 2.000!

Terkait modus ini, Mas Dhito mengaku sudah dua kali mendapat laporan.

Tidak ingin kecolongan dengan modus serupa, Mas Dhito meminta Kapolres Kediri untuk intensif melakukan pengawasan terutama di jalur tikus, yang berpotensi masuknya hewan ternak dari luar daerah.

Seperti diketahui, wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Kediri semakin masif.

Upaya pencegahan sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. Di antaranya membentuk satuan gugus tugas di tiap desa, penutupan sejumlah pasar hewan, serta melarang masuknya hewan ternak dari luar daerah.

Pewarta: Johny Indo
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com