SATUKANAL.COM
Manfaat Tamanu Oil
Segudang Manfaat Tamanu Oil, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan (foto: unsplash)
Kanal Kesehatan Lifestyle

Segudang Manfaat Tamanu Oil, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Satukanal.com, Nasional – Manfaat tamanu oil sudah tidak diragukan lagi. Tamanu oil banyak digunakan untuk kesehatan maupun kecantikan. Tamanu oil adalah minyak yang diekstrak dari pohon kacang tamanu (Calophyllum inophyllum).

Skincare dapat dengan mudah ditemukan. Baik dijual secara offline di toko atau secara online.

Banyaknya produk skincare yang dijual dipasaran membuat orang semakin mudah mendapatkan aneka macam produk skincare yang cocok untuk kulit mereka. Mulai dari yang lokal sampai yang impor semua tersedia, tergantung pilihan masing-masing orang.

Produk yang berasal dari alam juga tak luput dari perhatian masyarakat. Seperti tamanu oil atau minyak tamanu. Produk-produk yang berbahan dasar alami dinilai lebih aman untuk kulit.

Tamanu oil berasal dari biji buah tamanu yang dikeringkan selama 1-2 bulan secara alami di bawah sinar matahari agar bisa menghasilkan minyak dan digunakan sebagai produk skincare andalan sebagian orang. Tamanu oil banyak mengandung asam lemak yang bisa menjaga fungsi dan struktur kulit agar tidak kering dan bersisik.

Daftar Manfaat Tamanu Oil

Melansir dari situs halodoc.com, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa ditemui pada tamanu oil.

1. Meringankan efek sunburn

Tamanu oil dipercaya untuk mengurangi gejala peradangan atau kulit kemerahan karena memiliki sifat anti peradangan yang mampu mengatasi iritasi pada kulit wajah dengan ekstrak minyak yang dikandungnya.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat sangat susah untuk dihilangkan. Terkadang bekas jerawat lebih susah hilang daripada jerawat itu sendiri. Dengan kandungan anti bakteri dan antioksidan, manfaat tamanu oil yakni berkhasiat untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat pada kulit wajah. Teteskan pada wajah secara teratur agar hasilnya maksimal.

3. Mengatasi kerutan wajah

Kerutan di wajah bisa diatasi dengan tamanu oil. Karena tamanu oil mengandung asam lemak dan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang bisa mengganggu kesehatan kulit.

4. Meringankan gejala eczema

Kemerahan dan gatal pada kulit yang disebabkan oleh ezcema bisa dibantu dengan memakai tamanu oil karena sifatnya mampu meredakan peradangan yang terjadi pada area kulit.

5. Mengobati vaginitis

Penelitian menunjukkan bahwa tamanu oil memiliki potensi untuk dijadikan obat vaginitis (peradangan pada vagina). Ini karena tamanu oil memiliki sifat antiinflamasi, alagesik, antiseptik, dan antimikroba yang kuat.

6. Mengobati kutu air

Manfaat Tamanu oil berikutnya yakni disebut bisa menjadi obat yang efektif untuk mengatasi kutu air atau yang disebut juga dengan athlete’s foot. Manfaat tamanu oil yang satu ini ada berkat sifat antijamurnya yang baik.

7. Mengurangi rambut rontok

Meski belum terdapat penelitian khusus yang membahas mengenai khasiat tamanu oil bagi rambut, mengoleskan minyak ini pada rambut dipercaya mampu mengurangi rambut rontok. Selain itu, tamanu oil juga bisa digunakan sebagai pelembap alami rambut.

Pemakaian tamanu oil sebaiknya dihindari, bagi kamu yang menderita alergi kacang. Dikhawatirkan akan memicu reaksi alergi bagi penggunanya. Hentikan pemakaian jika terjadi alergi atau reaksi lainnya.

Nah, itu adalah informasi mengenai manfaat tamanu oil. Tamanu oil bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari produk skincare alami yang aman bagi kulit.

 

(aimatul/adinda)

Kanal Terkait

Satukanal.com