SATUKANAL.COM
manfaat pepaya
Kanal Kesehatan BERITA Lifestyle

6 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan, Baik Untuk Kesehatan Mata

Satukanal.com, NasionalBerikut ini 6 manfaat pepaya bagi kesehatan, salah satunya baik untuk kesehatan mata, lho.

Pepaya merupakan salah satu buah yang populer di masyarakat. Buah yang memiliki biji banyak dan daging buah berwarna oranye ini memiliki berbagai macam jenis, seperti pepaya california, pepaya hawai, hingga pepaya bangkok. Akan tetapi, pepaya california paling populer dan banyak dikonsumsi. 

Pepaya california sendiri memiliki citra rasa dan tekstur daging buah yang berbeda. Citra rasanya yang manis dan daging buahnya yang kenyal dan tebal mampu membuat pepaya ini menjadi favorit banyak orang.

Bicara mengenai buah yang satu ini, tidak lengkap bila tidak membicarakan tentang manfaatnya. Biasanya, pepaya sering digunakan sebagai bahan untuk mengatasi sembelit dan masalah pencernaan. Akan tetapi, ada banyak manfaat dan khasiat lain dari buah pepaya ini. Simak ulasannya dibawah ini

6 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh. Simak, ya!

1. Bantu Menurunkan Berat Badan

manfaat pepaya bagi kesehatanTernyata satu buah pepaya yang berukuran sedang hanya mengandung 120 kalori. Dengan demikian, pepaya bisa menjadi salah satu buah yang membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, pepaya sendiri mengandung lebih banyak serat daripada Karbohidrat. Sehingga, bisa tetap mengenyangkan perut dan aman untuk berat badan. Jadi, kalau kamu sedang menjalani proses diet, buah yang satu ini bisa kamu konsumsi.

Baca Juga :  Mengenal Diet Flexitarian, Disebut Bisa Turunkan Berat Badan dan Jaga Kesehatan

2. Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

manfaat pepaya bagi kesehatanMeskipun memiliki citra rasa yang manis dan segar, pepaya ini mengandung gula yang rendah. Kandungan gula yang biasanya terkandung dalam pepaya hanya sebanyak 8,3 gram dalam satu cangkir irisan pepaya serta indeks glikemik yang rendah. Dengan begitu, pepaya menjadi buah yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. 

3. Bantu Meringankan Nyeri Haid

manfaat pepaya bagi kesehatanBagi kaum hawa, rasa nyeri pada perut ketika datang bulan pasti sangat menyiksa. Banyak cara dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, mulai dari mengonsumsi makanan, minuman, hingga obat-obatan tertentu.

Jika kamu sedang mengalami nyeri haid, kamu bisa mengonsumsi beberapa porsi pepaya. Karena, enzim yang disebut papain di dalam pepaya dapat membantu mengatur dan mengurangi aliran darah selama periode menstruasi. Sehingga, hal itu akan membantu mengurangi rasa nyeri saat haid.

4. Baik Untuk Kesehatan Mata

manfaat pepaya bagi kesehatanPepaya ternyata juga kaya akan vitamin A dan flavonoid. Sehingga, membantu menjaga selaput lendir di mata tetap sehat, serta mencegahnya dari kerusakan. Kemudian, vitamin A yang terkandung di dalamnya juga bisa mencegah perkembangan degenerasi makula terkait usia.

Baca Juga :  Kenali Alasan Anak GTM! Ini 4 Kiat Untuk Mengatasinya

Bahkan, kandungan karotenoid, pigmen alami yang memiliki efek antioksidan, yang ada dalam pepaya juga lebih tinggi daripada sayuran atau buah yang mengandung vitamin A.

5. Menurunkan Kolestrol

Pepaya mengandung berbagai macam nutrisi di dalamnya. Buah yang satu ini kaya akan vitamin C, antioksidan, dan juga manfaat pepaya bagi kesehatan.

Dengan mengonsumsi pepaya, maka dapat mencegah penumpukan kolesterol pada arteri. Pasalnya, penumpukan kolesterol dapat mengakibatkan serangan jantung. Selain itu, ekstrak buah pepaya sendiri berpotensi mengurangi lipid dan trigliserida dalam tubuh.

6. Cegah Tanda-tanda Penuaan

manfaat pepaya bagi kesehatanTidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, pepaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Buah yang satu ini memiliki manfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan.

Dengan melakukan kebiasaan sehat setiap hari dan disertai makan pepaya, maka akan membantumu mencegah penuaan. Selain itu, pepaya juga bisa membantu mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan tanda-tanda penuaan dini. Bahkan, pepaya juga efektif untuk menjaga kesehatan rambut.

Itulah 6 manfaat pepaya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat

 

(mewinsta/adinda)

Kanal Terkait

Satukanal.com