SATUKANAL.COM
manfaat kacang hijau
Kanal Kesehatan BERITA Lifestyle

6 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Anak, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Satukanal.com, NasionalBerikut ini beberapa manfaat kacang hijau yang dikonsumsi bagi kesehatan anak, salah satunya dapat menjaga daya tahan tubuh sang anak. 

Kacang-kacangan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang bahkan tidak dimiliki oleh sumber hewani. Dimana kacang-kacangan mengandung jumlah tinggi serat makanan, vitamin, mineral penting dan antioksidan.

Salah satunya adalah kacang hijau. Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi hidangan sehat untuk anak. Kacang hijau juga dipercaya mampu membantu memenuhi kebutuhan gizi si kecil. 

Jenis kacang-kacangan yang dapat dijumpai sebagai sajian sereal atau Makanan Pendamping ASI (MPASI) ini juga memiliki sumber protein nabati yang baik. Selain itu, kacang hijau juga mengandung asam amino, leusin, valin, lisin dan argin

6 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Anak

Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung kalsium, zat besi, zinc, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Ragam nutrisi lain yang ada dalam kacang hijau seperti mangan, selenium, magnesium, karbohidrat yang tentunya dapat memberikan kesehatan untuk tubuh anak.

Berikut ini 6 manfaat kacang hijau bagi kesehatan anak

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Anak-anak kerap mengalami masalah gangguan pencernaan, baik itu sembelit ataupun diare. Kudapan kacang hijau dapat menjadi pilihan untuk membantu melancarkan pencernaan si kecil.

Baca Juga :  Kenali Alasan Anak GTM! Ini 4 Kiat Untuk Mengatasinya

Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk organ pencernaan si kecil.

2. Sebagai Sumber Energi

Manfaat selanjutnya dari kacang hijau adalah sebagai sumber energi bagi anak. Selama masa perkembangan, si kecil tentunya membutuhkan banyak energi untuk tumbuh kembangnya.

Selain itu, anak yang bergerak aktif juga memerlukan banyak sumber energi agar tetap ceria setiap harinya. Kacang hijau pun bisa menjadi sajian untuk penunda lapar si kecil, yang juga menghasilkan karbohidrat untuk sumber energi.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Di usia pertumbuhan, anak harus memiliki kondisi tulang yang sehat. Kondisi tulang ini akan mendukung aktivitas anak yang begitu aktif.

Manfaat Kacang hijau bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti susu untuk memelihara kesehatan tulang. Di dalam 100 gram kacang hijau terdapat 189 miligram magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan risiko osteoporosis.

4. Baik bagi Perkembangan Otak

Manfaat kacang hijau dapat membantu merangsang perkembangan otak anak. Hal ini karena kandungan vitamin, protein, serta mineral yang tinggi dalam kacang hijau. Kacang hijau juga mengandung asam folat yang dapat meningkatkan perkembangan otak pada anak.

Kacang hijau dapat disajikan sebagai MPASI untuk bayi yang memasuki usia delapan bulan. Namun, hal ini juga tidak boleh diberikan secara berlebihan karena dapat mengganggu sistem pencernaan bayi.

Baca Juga :  Mengenal Diet Flexitarian, Disebut Bisa Turunkan Berat Badan dan Jaga Kesehatan

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kacang hijau juga mengandung antioksidan yang dapat membunuh virus dan kuman penyakit yang hendak masuk ke tubuh si kecil.

Zat antioksidan juga dapat berperan sebagai antibodi untuk menangkal berbagai penyakit. Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat mencegah terjadinya kerusakan organ dalam tubuh anak yang dapat diakibatkan oleh radikal bebas.

6. Kaya akan Nutrisi dan Protein

Kacang hijau juga memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin, mineral serta sumber protein nabati yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kacang hijau juga mengandung asam amino esensial yang mampu memproduksi secara alami bagi tubuh.

Tak hanya itu, kacang hijau juga memiliki sumber protein yang dapat membantu pertumbuhan si kecil, baik itu kesehatan sistem imun, tulang, gigi, otot dan juga sendi. Protein yang terkandung dalam kacang hijau ini juga dapat memengaruhi perkembangan kognitif dan otak pada anak.

Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai sajian lezat, seperti puding, bubur, kolak, hingga hidangan es. Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan si kecil, usahakan tetap berikan komposisi makanan sehat lainnya agar gizi anak tetap ternutrisi dengan baik.

Itulah manfaat kacang hijau bagi kesehatan anak. Semoga bermanfaat

 

 

(mewinsta/adinda)

Kanal Terkait

Satukanal.com