Malang Creative Center Ditarget Beroperasi Awal Tahun 2023 | SATUKANAL.COM
Malang Creative Center

Caption: Gedung MCC menjulang megah tampak dari sisi depan (Doc: Lutfia/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kota Malang – Malang Creative Center (MCC) direncanakan dapat mulai beroperasi pada awal tahun 2023 mendatang.

Saat ini, Dinas PUPRPKP Kota Malang masih harus menunggu penyerahan dari pihak ketiga, untuk selanjutnya dapat diserahkan kepada Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang terkait pengelolaan dan pengoperasionalan gedung ke depan.

“MCC memang sudah disepakati akan dikelola oleh Diskopindag, karena mereka yang membangun komunikasi dengan komunitas. Maka jauh lebih efektif kalau pelaksanaan bangunan, tempat, dan gedungnya dikembalikan ke Diskopindag,” jelas Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Sabtu (13/8/2022).

Sofyan Edi menuturkan, meskipun pembangunan gedung sudah dapat dikatakan selesai, namun belum dapat diresmikan untuk beroperasi. Sebab masih harus dilengkapi dengan sarana-prasarana penunjang.

Meskipun demikian, pengisian bangunan gedung MCC harus segera terlaksana sesuai dengan penganggaran yang dilakukan dalam APBD 2022.

“Target Gedung MCC dapat terisi tentunya sesuai dengan APBD di tahun 2022 ini, karena sudah dianggarkan,” bebernya.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menjelaskan, telah disiapkan anggaran sekitar Rp12 miliar.

Anggaran tersebut berasal dari APBD tahun 2022 sebesar Rp2 miliar, dan Rp10 miliar dari Perubahan Anggaran Keuangan (PAK).

Dana sebesar Rp2 miliar tersebut, kata Made, salah satunya diperuntukkan untuk pemberian gaji para pegawai.

“Nanti akan ada perekrutan tenaga pengelola di MCC. Anggaran sudah kita siapkan, nanti di RAPBD Perubahan akan kita lihat, karena ada pengajuan Rp2 miliar untuk pengelolaan mebeler dan manajemennya,” ujar Made.

Sementara ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan menyerahkan pengelolaan MCC sepenuhnya kepada Diskopindag.

Namun hingga saat ini, DPRD Kota Malang masih belum dapat mengetahui bisnis plan yang tengah dikerjakan oleh Diskopindag.

“Bisnis plannya seperti apa masih belum disampaikan terperinci, karena mereka belum menerima penyerahan Gedung MCC dari Dinas PUPRPKP,” tutur Made.

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi

Advertisements