SATUKANAL.COM
Kayutangan
Caption: Salah satu spot di Kampung Kayutangan. Doc: Lutfia/Satukanal.com
BERITA Kanal Highlight Malang Raya

Makin Ramai Kegiatan, Ketua Pokdarwis Kayutangan: Mau Nikmati Nuansa Heritage? Masuk ke Dalam Kampung!

Satukanal.com, Kota Malang – Kawasan Koridor Kayutangan makin ramai dengan terselenggaranya berbagai acara besar, seperti pagelaran musik rutin, karnaval, hingga yang baru-baru ini terlaksana yakni Malang Creativa Festival.

Namun siapa sangka, ketika Koridor Kayutangan makin dipercantik dan menjadi ramai, rupanya tidak berbanding lurus dengan di Kampung Kayutangan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Kayutangan Heritage, Mila Kurniawati, menyebut bahwa warga tidak mempermasalahkan koridor yang semakin ramai.

Akan tetapi, pihaknya meminta jika Pemkot Malang benar-benar ingin mengusung kegiatan bernuansa heritage, maka Kampung Kayutangan harus ikut terlibat dan menjadi bagian dari lokasi kegiatan, sehingga tidak hanya terpusat di koridor semata.

“Kalau benar-benar mau nuansa heritage, pastikan masuk ke dalam kampungnya. Lebih baik juga dari pemerintah harus ada regulasi yang pasti terkait nuansa heritage. Entah pertunjukkan musik ataupun produk heritage, dan lain-lain,” ujar Mila, Sabtu (3/11/2022).

Mila dan warga kampung lainnya percaya bahwa perbedaan keramaian antara koridor dan perkampungan hanya dilandasi oleh perbedaan segmen semata.

Karena itulah, mereka tidak merasa takut ataupun kalah saing dengan keramaian yang ada di koridor.

“Kalau secara segmen memang berbeda, pengunjung memang lebih banyak di koridor. Di sana sudah ketemu kopi-kopian, dan yang ingin datang ke kampong ya memang orang-orang yang ingin tahu mengenai kampung heritage ini. Kami tidak merasa takut, karena dapat dibilang kami segmen siang sampai sore, kalau koridor bisa sampai malam,” paparnya.

Sementara itu, Kampung Kayutangan sendiri telah mencanangkan adanya kegiatan setiap bulannya, yakni Padhang Bulan yang akan digelar setiap tanggal 15 di kalender Jawa.

Kegiatan ini bertujuan untuk meramaikan kembali kawasan perkampungan, dengan diinisiasi langsung oleh para warga.

“Akan mulai lagi bulan Januari, tapi kalau (rencana) di koridor ini malah saya belum tahu. Konsep awal memang di dalam kampung, tapi karena luas jadi akan di satu titik saja tapi bergantian,” jelas Mila.

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com