7 Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Susu! | SATUKANAL.COM
Makanan Penyebab Jerawat

Ilustrasi wajah seorang perempuan yang sedang berjerawat (Foto: Pixabay.com)

Satukanal.com, Nasional– Ada beberapa makanan penyebab jerawat yang disebut dapat memperburuk kondisi kulit. Seperti halnya dengan beberapa makanan dipercaya dapat membantu kulit untuk tetap sehat, beberapa lainnya juga bisa memicu timbulnya jerawat.

Meskipun faktor genetik dan hormonal memainkan peran penting dalam erupsi dan intensitas jerawat. Faktor lingkungan dan gaya hidup juga memiliki peran penting. Jerawat dipercaya lebih sering muncul pada orang yang mengonsumsi makanan tertentu.

Walaupun para ilmuwan membutuhkan waktu untuk penelitian lebih lanjut terkait makanan yang dapat menyebabkan jerawat, tetapi sejauh ini mereka telah menemukan beberapa makanan yang mungkin menjadi pemicu kulit berjerawat.

Makanan Penyebab Jerawat

Berikut adalah tujuh makanan yang dianggap dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit. Simak ulasa di abwah ini, apa saja makanan penyebab jerawattersebut.

1. Produk susu

Melansir dari laman WebMD, semakin banyak susu yang diminum, semakin besar kemungkinan anda akan memiliki jerawat yang tumbuh di kulit. Produk susu menjadi salah satu Makanan penyebab jerawat.

Dua penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang rutin mengonsumsi susu atau es krim empat kali lebih memungkinkan untuk tumbuh jerawat. Namun, penelitian ini masih perlu digali lebih lanjut lagi.

Belum jelas bagaimana susu dapat berkontribusi dalam masalah jerawat, tetapi ada beberapa teori yang diajukan. Susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang dapat memperburuk keparahan jerawat.

Meskipun ada spekulasi mengapa minum susu dapat memperburuk jerawat, tidak jelas apakah susu memainkan peran langsung atau tidak. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ada jumlah atau jenis susu tertentu yang dapat memperburuk jerawat atau tidak.

2. Makanan cepat saji

Makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah makanan cepat saji. Makanan cepat saji memang dikenal sebagai salah satu makanan penyebab jerawat. Jerawat sangat berkaitan dengan makanan gaya barat yang kaya akan kalori, lemak, dan karbohidrat olahannya.

Makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng, soda, dan milkshake adalah makanan utama khas Barat dan dapat meningkatkan risiko jerawat.

Belum jelas mengapa makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat, tetapi beberapa peneliti mengusulkan bahwa hal itu dapat mempengaruhi ekspresi gen, dan mengubah kadar hormon dengan cara yang mendorong perkembangan jerawat.

3. Cokelat

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak cokelat lebih memungkinkan memicu timbulnya jerawat. Namun, belum jelas mengapa cokelat bisa menimbulkan jerawat.

Satu penelitian menemukan bahwa cokelat meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab jerawat. Sementara itu, penelitian terbaru untuk mendukung hubungan antara cokelat dan jerawat masih perlu diuji lebih lanjut lagi.

4. Makanan kaya lemak Omega-6

Diet yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah besar, seperti diet khas Barat, telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat peradangan dan jerawat.

Ini mungkin terjadi karena makanan Barat mengandung sejumlah besar minyak jagung dan kedelai, yang kaya akan lemak omega-6 dan sedikit makanan yang mengandung lemak omega-3, seperti ikan dan kenari.

Ketidakseimbangan asam lemak omega-6 dan omega-3 ini mendorong tubuh ke dalam keadaan inflamasi, yang dapat memperburuk keparahan jerawat.

5. Gula dan beberapa karbohidrat

Gula dan karbohidrat cenderung lebih cepat masuk ke darah. Itu berarti mereka tinggi pada indeks glikemik. Ketika tubuh membuat lebih banyak insulin untuk menurunkan gula darah, itu mempengaruhi hormon lain yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit Anda.

6. Bubuk protein whey

Makanan penyebab jerawat berikutnya adalah Protein whey adalah suplemen makanan yang populer. Ini adalah sumber yang kaya asam amino leusin dan glutamin. Asam amino membuat sel-sel kulit tumbuh dan membelah lebih cepat, yang dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat.

Melansir dari laman Healthline, asam amino dalam protein whey juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi tingkat insulin yang lebih tinggi, yang telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat.

7. Buah kering

Kurma dan kismis memiliki rekor indeks glikemik yang lebih tinggi, meskipun lebih rendah pada skala indeks glikemik, buah ara memiliki beban glikemik yang signifikan.

Buah kering mengandung gula pekat yang tinggi. Beberapa buah kering bahkan ditambahkan gula.Hal ini bisa meningkatkan kadar gula darah .

 

(Adinda)

Advertisements