SATUKANAL.COM
Makanan Dengan Karbohidrat Rendah
Kanal Kesehatan BERITA Lifestyle

10 Makanan Dengan Karbohidrat Rendah Untuk Diet, Mudah Didapat!

Satukanal.com, Nasional- Makanan dengan karbohidrat rendah cocok dikonsumsi oleh anda yang ingin melakukan diet. Pasalnya, dengan memberikan batasan pada asupan karbohidrat setiap harinya bisa menurunkan berta badan serta menjaga kadar gula darah.

Bagaimanapun juga karbohidrat dapat dikonversi jadi glukosa. Hal ini bisa memicu kenaikan tajam pada kadar gula darah dalam tubuh. Untuk itu, bagi anda penderita penyakit gula perlu berhati-hati untuk memilih makanan.

Makanan Dengan Karbohidrat Rendah

Makanan Dengan Karbohidrat Rendah

Seperti saat mengkonsumsi karbohidrat. Usahakan untuk tidak berlebihan karena ini dapat memicu kadar gula darah melonjak tajam. Adapun bberapa makanan dengan karbohidrat rendah yang bisa disimak di bawah ini. Berikut rinciannya:

1. Sayuran

Bahan makanan yang pertama yakni sayuran. Siapa yang tidak mengenal sayuran? Bahan ini banyak mengandung vitamin, mineral, serta memiliki kandungan air yang tinggi. Meski sebagia besar, sayuran punya manfaat baik untuk tubuh namun perlu diketahui bahwa tidak semuanya rendah karbohidrat

Selain itu tidak semua sayuran juga rendah gula. Beberapa sayuran yang disarankan yakni jamur, kol, brokoli, paprika, tomat, kubis, kembang kol, bayam serta asparagus.

2. Ikan

Selanjutnya adalah Ikan. Makanan ini terkenal sebagai sumber protein yang rendah gula dan karbohidar. Anda dapat mengonsumsi ikan untuk menggantikan makanan-makanan yang memiliki karbohidrat tinggi. Adapun ikan tersebut yakni salmon, sarden, ikan trout ataupun cumi dan tiram.

3. Alpukat

Makanan dengan karbohidrat rendah berikutnya adalah alpukat. Makanan ini memang sangat identik dengan para pejuag diet. Adapun dalam 100 gram alpukat mengandung lebih dari 8,53 gram karbohidar. Ukuran ini terbilang rendah dibandingkan dengan nasi. Sayangnya, alpukat bukan termasuk yang punya banyak serat.

4. Stoberi

Jika anda pecinta buah, pilihan lain yang bisa dikonsumsi adalah stroberi. Stroberi punya vitamin c yang baik untuk tubuh. Selain itu, stroberi juga termasuk makanan dengan kandungan karbohidrat yang rendah. Anda bisa menajdikannya sebagai camilan untuk pengganti makann tinggi gula lainnya.

5. Semangka

Semangka termasuk makanan dengan karbohidrat rendah yang wajib dikonsumsi jika anda sedang melakoni diet. Dalam 100 gram semangka hanya mengadung 7,5 gram karbohidar. Ini sangat baik untuk anda yang sedan mengurangi konsumsi karbohidat.

6. Timun

Kemudian ada timun. Sayuran yang kerapkali dijadikan lalapan saat anda makan makanan berat ini ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Disebutkan bahwa timun hanya mengandung 4 gram karbohidar untuk 100 gramnya. Kandungan yang mendominasi timun yakni air dan vitamin K.

7. Keju

Keju ternyata juga termasuk ke dalam makanan yang memiliki kandungan karbohidrat rendah. Makanan ini bisa dijadikan sebagai salah satu opsi campuran dalam makanan diet anda agar tidak membosankan. Namun, usahakan untuk tidak berlebihan jumlah konsumsinya.

8. Yogurt

Selain keju, produk olahan susu lainnya yang juga memiliki kandungan rendah karbohidar yakni yogurt. Yogurt dikenal banyak mengandung zat besi, fosfor dan kalium. Disebutkan daam 11 gram yogurt mengandung 5 gram karbohidrat.

Meski begitu, jika anda ingn memasukkan yogurt dalam list makanan diet, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Mengingat, tidak semua orang bisa melakukan diet karbohidar seperti penderita ginjal.

9. Biji-bijian

Yang kerap terlupakan dan dianggap tidak penting adalah biji-bijian.Padahal biji-bijian termasuk makanan dengan karbohidrat rendah yang bisa dikonsumsi. Tak jarang, para pejuang diet kerap mencampurkan bijian-bijian atau kacang-kacangan dalam makanannya atau hanya sekedar dijadikan sebagai cemilan.

Adapun biji-bijian atau kacang-kaacangan yang bisa dikonsumsi adalah kacang mente, walnut, kacangtanah, almond serta biji bunga matahari. Semua biji-bijian itu adalah makanan dengan karbohidrat rendah

10. Minyak-minyakan

Selain biji-bijian atau kacang-kacangan, minyak-minyakan juga disebut memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Meski begitu, hal ni tidak berlaku untuk semua jenis minyak. Ada beberapa jenis minya yang bisa dikonsumsi untuk pejuang diet.

Seperti minyak yang terbuat dari kacang atau bijian. Misalnya, ada minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak kedelai. Ketiga ini minyak memiliki kendungan karbohidrat yang cuup rendahdan baik dikonsumsi saat diet.

Nah, itulah sejumlah makanan dengan karbohidrat rendah yang bisa dikonsumsi. Bagi anda pejuang tak perlu khawatir, anda bisa menjadikan makanan-makanan di ata sebagai pilihan makanan diet anda. Nada juga bis amengkombinasikannya satu sama lain agar tidak terkesan membosankan.

 

Kanal Terkait

Satukanal.com