Kompleks Makam Gus Dur Ditutup Sementara Saat Pemakaman Lily Wahid
May 22, 2022
pemakaman Lily Wahid

Peziarah di makam Tebuireng yang masih datang pagi ini. (Anggit/satukanal.com)

Satukanal.com, Jombang – Menjelang pemakaman Lily Wahid, komplek makam Gus Dur di Ponpes Tebuireng, Jombang akan ditutup sementara, saat proses pemakaman berlangsung, Selasa (10/5/2022).

Lukman Hakim, mundir Pondok Pesantren Tebuireng Jombang mengatakan, bahwa untuk sementara wisata religi akan ditutup sesaat sebelum prosesi pemakaman Lily Wahid digelar.

“Saat sudah mulai pemakaman. Nanti area makam ditutup sementara,” ucapnya pada Selasa (10/5/2022).

Penutupan makam ini tidak dilakukan selama sehari, melainkan hanya saat prosesi pemakaman Lily Wahid dilakukan. Sehingga, ketika proses pemakaman sudah selesai, makam akan dibuka kembali untuk para peziarah.

“Tetap buka, tapi pas pemakaman itu ditutup dulu untuk peziarah. Kalau sudah selesai, baru dibuka lagi,” katanya.

Baca Juga :  Ratusan Peziarah Antar Nyai Lily Wahid ke Tempat Peristirahatan Terakhir

Persiapan untuk pemakaman adik kandung almarhum Abdurrahman Wahid, Lily Wahid mulai dilakukan. Sesuai informasi, jenazah akan berangkat dari Jakarta pada pukul 05.00 WIB menuju Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Pihak pondok juga telah menyiapkan lahan liang lahat untuk dijadikan tempat peristirahatan terakhir mantan politikus yang pernah menjadi anggota DPR RI ini. KH Hakim Mahfudz Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, mengatakan, bahwa area makam berada di tenggara makam kakek dan ayahnya.

“Jaraknya cuma 10-15 meter saja dari makam KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahid Hasyim. Liang berada di selatan Pendopo,” katanya pada Selasa (10/5/2022).

Tempat dimakamkannya almarhumah Lily Wahid ini juga merupakan area makam keluarga dan masyayikh pondok pesantren Tebuireng Jombang, di makam tersebut juga terdapat makam ulama lama pondok Tebuireng.

Baca Juga :  Jelang Pemakaman Adik Gus Dur, Polres Jombang Siapkan Rakayasa Lalu-lintas

“Sesuai adat, memang seluruh keluarga KH Wahid Hasyim generasi ketiga menempati makam, di komplek pondok ketika wafat,” ujarnya.

Kabar duka datang dari keluarga Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Asik ketiga dari almarhum KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur, Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH. A. Wahid Hasyim berpulang ke Rahmatullah pada Senin (9/5/2022).

Kabar duka ini diketahui dari pesan berantai di beberapa grup WhatsApp yang menyebut adik kandung presiden ke-4 Republik Indonesia ini meninggal dunia sekitar pukul 16:28 WIB di RSCM Jakarta.

Reporter : Anggit Pujie Widodo.

Editor: Danu S