SATUKANAL.COM
Luigi Taveri
Luigi Taveri (Foto: motogp)
BERITA Kanal Sport Internasional Sport

Luigi Taveri Pembalap Honda Akan Dinobatkan Menjadi Legenda MotoGP

Satukanal.com – Jelang MotoGP Sachsenring Jerman, promotor Kejuaraan Dunia Dorna mengumumkan bahwa pembalap juara dunia 125cc tiga kali yakni Luigi Taveri, yang meninggal pada 2018 lalu, akan dinobatkan sebagai legenda dan dilantik dalam “Hall of Fame Legenda MotoGP” pada saat GP Austria mendatang.

Disadur dari laporan yang ditulis oleh speedweek.com, Luigi Taveri adalah pembalap motor solo paling sukses di Swiss hingga saat ini.

Taveri berhasil memenangkan 30 Grand Prix, dengan meraih 89 podium, serta mencetak poin di semua lima kelas solo dari 50 hingga 500cc.

Tidak hanya itu, Taveri waktu itu sangat populer di seluruh dunia, yang mana ia memenangkan Kejuaraan Dunia 125cc sebagai pembalap Honda.

Taveri berhasil menjadi juara pada tahun 1962, 1964, dan 1966. Manajemen Honda hingga kini masih menunjukkan rasa hormat, meskipun Taveri sudah tiada karena meninggal.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengatakan, sekarang Taveri akan menerima penghormatan sebagai legenda, penghargaan tersebut diberikan atas prestasi dan dedikasinya selama menjadi pembalap MotoGP.

“Sangat penting untuk merayakan warisan mereka yang menjadi bagian dari kisah luar biasa kami, dan Luigi serta pencapaiannya adalah bagian penting dari itu. Kami berharap dapat menyambut keluarganya di paddock dan menghormatinya sebagai legenda MotoGP,” ujar Carmelo.

Rencananya pihak Dorna akan melakukan ceremony di hadapan keluarga Luigi Taveri, dan melantiknya dalam Hall of Fame pada perhelatan MotoGP Austria di Red Bull, Spielberg pada bulan Agustus mendatang.

Hal tersebut juga mendapat respon dari pihak Taveri, yang menyebutkan pihak keluarga menjadi kewalahan setelah mendapat kabar bahwa Luigi Taveri akan dilantik dalam Hall of Fame MotoGP.

“Senang bahwa Luigi menerima kehormatan besar. Alangkah baiknya jika dia masih di sini dan bisa merayakan momen ini bersama kami. Mereka yang mengingat Luigi tahu bahwa dia akan berdiri di sini sambil tertawa terbahak-bahak, mencari kata-kata yang tepat. Atas nama Luigi, kami dengan tulus berterima kasih kepada CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta,” ucap pihak keluarga Taveri.

CC: Ali Bisri
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com