Liverpool Vs Real Madrid: Menang 1-0, Los Blancos Raih Trofi Liga Champions Ke-14 | SATUKANAL.COM
Real Madrid

Penyerang Real Madrid, Vinicius Junior setelah mencetak gol ke gawang Liverpool. (foto: instagram Real Madrid)

satukanal.com – Real Madrid meraih Liga Champions ke-14 setelah menang 0-1 dalam pertandingan final melawan Liverpool di stadion De France, Perancis, Minggu (29/05/2022) dini hari. Gol semata wayang Madrid dicetak oleh Vinicius Junior pada babak ke-2 memanfaatkan umpan terobosan dari Federico Valverde.

Dengan kemenangan ini, Real Madrid mengoleksi 14 tropi kuping besar dan tercatat sebagai klub Eropa dengan koleksi Liga Champions.

Secara statistik, Liverpool menguasai jalannya pertandingan. Liverpool berhasil membukukkan 24 shoot dan 9 di antaranya shoot on goal, dengan penguasaan bola yang juga unggul 54 persen dan 591 operan.

Sedangkan, Real Madrid lebih efisien. Hanya mencatatkan 4 shoot, hanya 2 tendangan yang mengarah ke gawang, namun berbuah gol serta 513 operan.

Jalannya Pertandingan Liverpool vs Real Madrid Babak ke-1

Pada awal babak, penyerang Liverpool berhasil memberikan tekanan ke pertahanan Real Madrid. Beberapa kali percobaan tendangan striker Liverpool ke gawang Real Madrid berhasil digagalkan Cortouis. Mulai dari shoot Salah pada menit ke-16, shoot Thiago hingga tembakan Diaz yang gaga.

Mulanya, pemain Real Madrid kesulitan mengembangkan serangan. Beberapa kali serangan yang dibangun bahkan patah di lini tengah.

Baru pada menit ke-30, Madrid mulai bisa mengembangkan permainan. Menghindari strategi gegenpressing yang dikembangkan oleh Liverpool, Real Madrid mengurai serangan dengan umpan panjang. Dari bek langsung ke gelandang bahkan terkadang langsung ke striker.

Tak jarang, pemain Madrid mengalirkan bola dengan lambung dari dua sayap, kiri ke kanan atau sebaliknya. Kerja sama tim pemain Madrid juga baik, hingga seringkali mencapai sekitar kotak penalti Liverpool.

Meski secara permainan berkembang, namun tak sampai berujung shoot ke gawang Liverpool. Satu-satunya peluang terbaik Madrid di babak pertama,  pada menit ke-42, Benzema sempat membukukkan gol, setelah menerima umpan lambung, Benzema mengecoh beberapa bek dan kiper Liverpool. Kedua kubu pemain sempat tegang, karena menunggu hasil analisa video VAR selama 4 menit. Namun, pengecekan video VAR menunjukkan jika Benzema dalam posisi offside sebelum menyepak bola ke gawang Alisson Becker.

Babak ke-2 Liverpool vs Real Madrid

Real Madrid unggul terlebih dulu dengan gol Vinicius Junior. Gol bermula dari upaya Federico Valverde yang menyisir sisi kanan Madrid. Setelah itu, dia mengumpan terobosan hingga ke depan gawang Alisson Becker yang disambut Vinicius di kanan gawang Alisson. Skor 0-1 untuk keunggulan Madrid.

Beberapa menit berselang, Salah sempat menghadirkan ancaman dengan shootnya dari sisi kiri pertahanan Madrid, namun kembali dipatahkan oleh Courtois yang tampil cemerlang malam ini.

Menit ke-68 Salah kembali mengkreasi serangan yang berujung kemelut di depan gawang Madrid. Sebuah umpan lambung sempat disambut dengan tembakan ke gawang Madrid, namun lagi-lagi bisa ditepis oleh Thibaut Courtois.

Menit ke-79,  Diogo Jota memperoleh peluang, namun tembakannya terlampau pelan dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Pada menit ke-82, Salah kembali menunjukkan aksi individu yang berakhir dengan tendangan keras ke gawang Madrid, namun lagi-lagi berhasil digagalkan Courtois.

Liverpool terus berupaya mencetak gol pada menit-menit akhir. Namun, hingga pluit panjang wasit dibunyikan, skor masih imbang 0-1, untuk kemenangan Madrid.  (Danu)

Susunan pemain Liverpool vs Real Madrid

Liverpool: Alisson, Virgil van Dijk, Ibrahima Konaté, Andy Robertson, Trent Alexander-Arnold, Fabinho, Thiago Alcántara, Jordan Henderson, Sadio Mané/Firminho, Luis Díaz/Jota, Mohamed Salah

Real Madrid: Thibaut Courtois, David Alaba, Éder Militão, Ferland Mendy, Dani Carvajal, Casemiro, Toni Kroos, Luka Modric, Karim Benzema, Vinícius Júnior/Rodrygo, Federico Valverde/Camavinga