Live Shopping Facebook Dihentikan, Lebih Fokus Ke Reels | SATUKANAL.COM
Live Shopping Facebook

Facebook (Foto: Freepik)

Satukanal.com, Nasional– Fitur Live Shopping Facebook ditutup. Fitur ini secara resmi akan ditutup pada 1 Oktober nanti dan Facebook mengatakan itu adalah bagian dari inisiatif perusahaan untuk mengalihkan fokus ke Reels.

“Karena perilaku menonton konsumen beralih ke video bentuk pendek, kami mengalihkan fokus kami ke Reels di Facebook dan Instagram, produk video bentuk pendek Meta,” jelas Facebook dilansir laman The Verge, Kamis (4/8/2022).

Adapun fitur streaming langsung ini memungkinkan pembuat konten menyiarkan dan menjual produk ke audiens. Meskipun belanja langsung tidak ada lagi di Facebook, layanan itu akan tetap tersedia di Instagram.

Baca Juga :  Xiaomi 12 Lite Resmi Dirilis di Indonesia. Ini Spesifikasi dan Harganya

Belanja langsung membuka aliran pendapatan lain bagi pembuat konten di Facebook. Fitur ini pertama kali diluncurkan pada 2018 di Thailand. Dengan adanya fitur ini, para influencer dapat memamerkan dan menjual berbagai produk, baik dari toko mereka sendiri atau melalui afiliasi.

Facebook meluncurkan fitur tersebut dalam skala yang lebih luas pada 2020, sekitar waktu yang sama ketika memperkenalkan tab belanja khusus. Sementara belanja langsung tetap sangat populer di China, tampaknya hal itu tidak berkembang di bagian lain dunia. Bahkan, TikTok mengumumkan menarik kembali belanja langsung di AS dan Eropa bulan lalu.

Baca Juga :  17 Aplikasi Berbahaya Ponsel, Bisa Retas Data Hingga Bobol Rekening

Sayangnya, penutupan belanja langsung juga menunjukkan dedikasi Facebook yang meningkat pada fitur video pendeknya, reels yang secara resmi dibawa ke platform ini tahun lalu.

Facebook telah mempertimbangkan untuk membuat algoritmenya lebih mirip TikTok, hal yang telah dilakukan oleh perusahaan induknya, Meta, pada Instagram. Seperti Facebook, Instagram juga telah mendorong konten bentuk pendek dengan semua video di platform sekarang menjadi Reel.

 

(Adinda)