Liga 1 2021/2022 Dihantam Covid-19, 52 Pemain Dan 16 Ofisial Dinyatakan Terinfeksi | SATUKANAL.COM
May 22, 2022
PPKM luar Jawa Bali

ilustrasi Covid-19 (foto: Pixabay.com)

Satukanal.com, Nasional– Penyebaran Covid-19 di Liga 1 2021/2022 terus bermunculan. Terbaru, pertandingan Madura United vs Persipura Jayapura yang direncanakan bergulir sore ini, Selasa (01/02/2022) di Stadion Kompyang, Sujana, Denpasar harus ditunda.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan penundaan dilakukan lantaran beberapa pemain Madura United terpapar Covid-19 dan jumlah pemain yang tersisa kurang dari 14 pemain.

Sesuai regulasi, PT LIB langsung mengadakan rapat darurat dan memutuskan penundaan pertandingan yang juga mendapatkan persetujuan dari manajemen Persipura Jayapura.

“Ada pemain Madura United yang terpapar Covid-19 dan cedera. Kondisi saat ini, pemain yang siap bertanding kurang dari 14 orang. Sesuai dengan regulasi, maka kami melakukan rapat darurat dan memutuskan pertandingan ditunda,” ujar Sudjarno menungkil dari bola.com.

Dengan bertambahnya hasil positif dari pemain Madura United, Wakil Ketua Satgas Covid-19 PT LIB, dr. Alfan Nur Asyhar membeberkan hingga saat ini tercatat 68 orang yang terpapar covid-19

Baca Juga :  Gunung Anak Krakatau, Kini Berstatus Level III

“Untuk total tim yang ada yang terpapar covid itu kami catat ada 12 tim tapi dengan antara porsi pemain dan ofisial berbeda-beda dari 12 tim tadi total ada 68 isolasi terdiri dari 52 pemain dan 16 ofisial,” kata dr Alfan, Selasa (1/2/2022).

Lebih lanjut, dr. Alfan Alfan menjelaskan bahwa pihaknya telah memberlakukan pemeriksaan ketat kepada seluruh tim, baik pemain maupun ofisial. Termasuk melakukan tes PCR satu hari menjelang pertandingan digelar.

Menurutnya, protokol kesehatan ketat memang sudah diterapkan dalam kompetisi Liga 1 2021/2022/ Apalagi dengan adanya sistem semi bubble to bubble. Bagi para pemain yang terkena Covid-19, kata dia, juga akan terlihat dari hasil PCR yang dialkukan satu hari sebelum pertenadingan.

“Kami lakukan ketat pertama PCR H-1 pukul 10-11 pagi lalu hasi keluar siang. Ketika hasil keluar dan ada yang positif lalu kemudian masing-masing yang positif di isolasi,” terang dr Alfan.

Baca Juga :  Tim Putri Indonesia Gagal Melaju Ke Semifinal Piala Uber 2022

Ia pun menjelaskan bahwa keesokan harinya, anggota klub yang positif akan dicek ulang di hari H pertandingan. Kemudian, untuk yang PCR-nya negatif akan dilakukan swab antigen untuk melihat apakah ada penularan atau tidak.

“Bagi yang hasilnya negatif, mereka lah yang ikut pertandingan, jadi seleksinya benar-benar kami lakukan beberapa tahap,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menambahkan jika dari angka total yang disebutkan oleh Satgas Covid-19, mayoritas tidak memiliki gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Ada satu dua yang ringan, misalnya gejala batuk. Batuk dan demam tinggi, gejala berat tak ada sama sekali. tapi gejalanya mayoritas OTG. Oleh karena itu ini yang kami harap recoverynya bisa cepat,” kata Sudjarno. (Adinda)