Kota Malang Persiapkan Diri Sebagai Penyangga Pariwisata Bromo Tengger Semeru | SATUKANAL.COM

Satukanal.com, Kota Malang – Wacana proyek pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) disambut baik oleh Pemerintah Kota Malang. Pasalnya pengembangan proyek ini akan berpengaruh besar terhadap daya tarik pariwisata dan juga pertumbuhan ekonomi di Kota Malang. Wali Kota Malang, Sutiaji pun membeberkan rencananya dalam memanfaatkan peluang besar ini.

“Kota Malang akan menjadi penyangga BTS (Bromo Tengger Semeru) karena Kota Malang akan menjadi tempat singgah dan tempat kongko di kawasan Kayutangan,” ujar Sutiaji dalam acara Halal Bi Halal Industri Jasa Keuangan Malang Raya, Selasa (17/5/2022).

Rencananya tersebut juga selaras dengan ambisi pemerintah pusat untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai primadona dari peningkatan devisa negara. Hal ini kemudian akan mendorong kelapa sawit hingga batu bara yang selama ini menduduki tahta tertinggi dalam pemasukan devisa negara.

“Malang bisa menjadi nilai tambah yang tinggi. Tingginya perjalanan mudik kemarin juga luar biasa, 24 persen dari totalitas wisatawan di Jawa Timur, mereka menuju ke Malang Raya. Sebelihnya dibagi ke kabupaten/kota di Jawa Timur lainnya,” jelasnya.

Sutiaji menyambung bahwa Kota Malang dapat menjadi tempat untuk bersinggah para wisatawan, untuk itu memaksimalkan pelayanan hotel dan kafe-kafe menjadi salah satu titik fokus yang akan dilakukan. Dengan demikian, diharapkan sektor UMKM pun dapat semakin diperkuat.

“Kayutangan nanti kita kuatkan, kalau orang nunggu di hotel dikhawatirkan kebablasan, maka tidak perlu menunggu di hotel karena tempat kongko bisa sampai 24 jam,” lanjutnya.(Adv)

 

 

 

Pewarta: Lutfia
Editor: Ubaidhillah