Korea Banjir Parah, Hujan Deras Disebut Sebagai Penyebab Utamanya | SATUKANAL.COM
Korea banjir

Penampakan banjir yang melanda Korea Selatan (foto: AFP via suara.com)

Satukanal.com, Internasional–  Korea banjir setelah hujan deras melanda daerah Seoul, Korea Selatan tersebut. Air menggenangi kawasan tersebut sejak Senin (8/8/2022) sore waktu setempat.

Tak hanya Seoul, sejumlah wilayah di Korsel juga terendam banjir. Banjir tersebut merendam gedung hingga berbagai kendaraan di Seoul, Korea Selatan.

Akibat Korea banjir tersebut pun mmebuat Seoul’ dan ‘Gangnam’, trending topic Twitter. Kedua wilayah tersebut juga terkena banjir pasca hujan deras pada Senin (8/8/2022) sore.

Aktivitas masyarakat pun banyak yang tersendat. Gedung-gedung hingga sejumlah kendaraan ikut terendam banjir. Banjir di Seoul pada Agustus 2022 ini merupakan banjir terparah selama 80 tahun terakhir.

Dilansir Reuters, laporan dari Otoritas Meteorologi Korea (KMA) menyebutkan jika Seoul selatan diguyur hujan lebih dari 100 mm per jam pada Senin (8/8/2022) tengah malam. Beberapa kota dilanda hujan sebanyak 141,5 mm yang merupakan curah hujan terparah selama bertahun-tahun.

Sementara itu, melansir dari AFP, korban terkini akibat banjir di Seoul, Korea Selatan berjumlah 14 orang. Tujuh di antara mereka dinyatakan tewas dan tujuh lainnya dikabarkan masih hilang.

“Sedikitnya tujuh orang tewas di area metropolitan Seoul, sedangkan tujuh orang lainnya hilang, akibat hujan lebat hingga pukul 07.30 waktu setempat pagi ini,” kata seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Korsel yang enggan disebut namanya kepada AFP.

Korea banjir menyebabkan sejumlah kerugian

Korea banjir ini pun menyebabkan sejumlah kerugian terutama wilayah Seoul dan Gangnam. Fasilitas umum pun rusak dan menghambat kegiatan masyarakat.

Selain itu, kereta bawah tanah juga terpaksa berhenti. Pemadaman juga dilakukan serta penduduk di daerah dataran rendah mengungsi untuk menyelamatkan diri. Kerusakan-kerusakan yang terjadi di antaranya:

  • Gedung-gedung dan sejumlah kendaraan terendam banjir
  • Beberapa toko di terminal bus ekspres di distrik Gangnam Seoul selatan telah terendam air
  • Laporan kebocoran air di beberapa fasilitas di Pusat Konvensi dan Pameran di Seoul selatan
  • Kendaraan dan lahan pertanian yang terendam
  • Jalanan rusak
  • Pohon tumbang.

Terkait peristiwa Korea banjir, Perdana Menteri Han Duck-soo meminta instansi terkait untuk tetap waspada dan melakukan pencegahan kerusakan properti di daerah berisiko tinggi.

Kemudian, Administrasi Meteorologi Korea (KMA) mengeluarkan peringatan hujan lebat di seluruh ibu kota dan kota pelabuhan barat Incheon serta bagian utara Provinsi Gyeonggi yang mengelilingi Seoul dan Provinsi Gangwon utara.

 

 

(Adin)

Advertisements