Ketahuan Bawa Ratusan Liter Ciu, Sopir Asal Wates Diamankan Polisi | SATUKANAL.COM

Rilis penangkapan penjual miras di Mapolresta Kediri (Anis/Satukanal)

Satukanal.com, Kediri – Polresta Kediri berhasil mengamankan sopir pengangkut ratusan jurigen Minuman Keras (Miras) berjenis Ciu. Pelaku diketahui adalah M Ali Muslih warga Dusun Winong, Desa Sidomulyo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Kamis (16/6/2022).

Pelaku Ali Muslih terbukti melakukan tindak pidana memperjualbelikan minuman beralkohol jenis Ciu atau arak jowo, yang di dapatkan dari wilayah Bekonang, Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah.

Total barang bukti berhasil diamankan sebanyak 139 Jurigen, masing-masing berisikan 25 liter miras. “Kita temukan barang bukti 139 Jurigen plus kardus 12 liter, kalau ditotal sekitar 4.200 liter,” ungkap Kepala Polresta Kediri AKBP Wahyudi, saat rilis di Mapolres, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga :  Peringatan Hari Anak Nasional, PPA Kecam Dugaan Pencabulan Oknum Guru di Kota Kediri

Dia menjelaskan kronologis penangkapan pelaku ini berawal dari kesaksian pemnangkapan tersangka di wilayah Kecamatan Banyakan, Senin (18/4) lalu. Diamankan sejumlah barang bukti berupa 4 Jurigen dan 12 Btl Miras jenis Ciu.

Kemudian kasus tersebut dikembangkan hingga akhirnya ditemukan sebuah rumah kontrakan yang berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Wates, Kediri, yang di gunakan sebagai tempat penyimpanan (Gudang) Miras.

AKBP Wahyudi juga menyebut barang tersebut di jual masih dalam bentuk Jurigen plastik ukurang 30 liter. Selanjutnya diedarkan dengan cara Online melalui jasa kurir kepada para konsumen atau pelanggan. “Barang masih kita dari Sukoharjo Jawa Tengah, ” ujarnya.

Baca Juga :  Persik Kediri Vs Bhayangkara FC, Panpel Beberkan Penyebab Jebolnya Pintu Masuk Stadion Brawijaya

Akibat perbuatannya, pelaku ini bakal diganjar dengan hukuman pasal berlapis tentang perlindungan konsumen, perdagangan dan pangan. “Ancaman lima tahun,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Anis Firmansyah
Editor: Ubaidhillah