Kenali Physical Touch, Bagian Dari Love Language Yang Berbeda Dengan Clingy | SATUKANAL.COM
Physical Touch

Berpelukan merupakan salah satu bentuk Physical Touch (foto: freepik)

Satukanal.com, Nasional– Physical touch atau sentuhan fisik adalah salah satu dari banyak bahasa cinta alias love language. Adapun Gary Chapman sebagai penulis buku berjudul The Five Love Languages pada tahun 1992 menuliskan lima bahasa kasih yang dimiliki oleh manusia.

Bahasa kasih ini terdiri atas words of affirmation atau kata-kata penegasan, quality time atau waktu berkualitas, receiving gifts atau menerima hadiah, act of service atau tindakan pelayanan dan physical touch atau sentuhan fisik.

Bahasa cinta sendiri merupakan cara bagaimana seseorang mengungkapkan rasa cinta mereka, mulai dari memberi hadiah, menyentuh secara fisik, atau hanya sekedar menjadi pendengar setia.

Tipe-tipe bahasa kasih ini bisa menunjukkan cara-cara manusia agar merasa disayangi dan dihargai. Jika anda menghargai dan selalu mengingat kata-kata orang lain, bisa jadi bahasa kasih anda adalah kata-kata penegasan atau words of affirmation.

Jika anda seringkali menyimpan hadiah pemberian orang lain, bisa jadi bahasa kasih anda adalah receiving gifts. Pemahaman mengenai diri sendiri sangat penting, jadi ketahui dulu tipe bahasa kasih anda

Jangan lupa juga untuk saling berbagi informasi ini dengan pasangan agar masing-masing merasa dicintai. Lantas, bagaimana dengan bahasa physical touch? Apakah berbeda dengan clingy? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan  di bawah ini.

Apa itu physical touch?

Orang-orang dengan tipe physical touch love language atau bahasa kasih dengan sentuhan fisik, menyukai segala sentuhan fisik, seperti berpelukan, berpegangan tangan atau sekadar menyentuh lengan atau tangan mereka selama percakapan, menawarkan untuk memijatnya, dan masih banyak lagi.

Sentuhan fisik merupakan cara tercepat dalam mengomunikasikan perasaan cinta. Selama hal ini dilakukan dengan tidak memaksa dan penuh dengan perasaan sayang, maka sentuhan fisik dapat menjadi bahasa yang paling efektif dalam mengekspresikan perasaan tersebut.

Baca Juga :  4 Rekomendasi Spot Diving Karimunjawa, Keindahana Alam Bawah Lautnya Menawan!

Seorang terapis keluarga dan pernikahan yang berlisensi di KW Couples Therapy, Amerika Serikat mengatakan terdapat alasan fisiologis mengapa sentuhan fisik bisa jadi sangat menyenangkan.

Hal itu lantaran terjadinya kontak antara kulit yang kemudian memicu terjadinya pelepasan hormon Bahagia seperti serotonin, dopamine, juga oksitosin. Ketiga hormon ini sendiri dapat membantu memperbaiki suasana hati seseorang. Berikut macam-macam physical touch yang bisa nnda lakukan pada orang terkasih anda:

1. Bergandengan tangan

Saat berjalan di sekitar taman dekat rumah, berjalan di mall atau hanya menemani si dia berbelanja. Cobalah untuk bergandengan tangannya. Dengan Gandengan tangan bisa, bisa melepas endorfin dan menaikkan mood.

2. Berpelukan

Pelukan bisa meningkatkan rasa bahagia. Anda bisa memeluk pasangan hanya dalam waktu sesaat untuk menunjukkan rasa cinta dan sayang. Hal ini bisa membuat mood pasangannya anda lebih baik.

3. Mengusap punggung

Mengusap-usap punggung bisa meningkatkan mood dan memberikan efek bahagia pada pasangan. Cara ini merepresentasikan perhatian dan kasih sayang. Tak hanya pada pasangan, anda juga bisa melakukannya pada orang terkasih anda seperti keluarga.

4.Menggelitik

Menggelitik dengan pelan bisa jadi cara untuk menunjukkan rasa sayang dan cinta kasih pada pasangan dengan cara yang lebih lucu. Balutan canda akan membuat gestur satu ini menyenangkan dan ada efek kejut yang memicu tawa.

5. Duduk berdampingan

Salah satu ungkapan cinta bisa ditunjukkan dengan duduk cukup dekat untuk menyentuh pasangan. Duduk berdampingan merupakan alternatif bagi pasangan yang tidak ingin mengumbar kemesraan dengan bercium atau berpegangan tangan. Duduk sebelah-sebelahan dengan pinggul dan kaki bersentuhan juga menjadi cara non-verbal agar pasangan saling terhubung.

Baca Juga :  5 Desain Kamar Mandi Minimalis, Cocok Untuk Rumah Sempit!

Perbedaan physical touch dan clingy

Sifat clingy memang sering diungkapkan akhir-akhir ini, lantaran dianggap serupa dengan physical touch. Padahl keduanya jelas berbeda. Anda pun perlu memahami arti serta makna dari kedua siat tersebut agar mengetahui perbedaannya.

Clingy dapat diartikan sebagai sifat dan karakter seseorang yang terlalu bergantung dengan pasangannya. Pada suatu hubungan, sifat clingy biasanya dimaknai sebagai sifat manja dan selalu ingin berada di sebelah orang yang ia cintai. M

eski sikap ini sekilas seperti love language physical touch, faktanya clingy dan physical touch merupakan dua hal yang berbeda. Clingy sendiri sesungguhnya bukanlah sebuah bentuk dari rasa cinta.

Pasangan yang terlalu manja dan bergantung, dapat berujung menjadi pasangan yang posesif dan berbahaya. Hal ini sendiri dikarenakan rasa cinta berlebihan hingga membuat mereka terlalu terobsesi kepada pasangannya.

Sedangkan, physical touch merupakan salah satu bentuk love language atau bahasa cinta yang populer di tengah masyarakat. Seperti namanya, physical touch menggambarkan bagaimana seseorang kemudian mengekspresikan rasa cintanya lewat sentuhan fisik.

Saat seseorang melakukan sentuhan fisik, kontak antarakulit ini kemudian memicu terjadinya pelepasan hormon bahagia seperti serotonin, oksitosin, dan dopamine yang bisa memperbaiki suasana hari dan menambah keintiman dalam suatu hubungan.

Nah, itulah ulasan mengenai physical touch, bentuk-bentuk bahasa cinta ini yang bisa diekspresika kepada pasangan serta perbedaannya dengan sifat clingy. Dengan penjelasan di atas, anda tentu dapat membedakan antara clingy dan sentuhan fisik yang terlihat sama, namun ternyata berebda.

 

 

(Adinda)