Kembangkan Usaha Kerajinan Tangan, Perempuan Kedungkandang Ini Tonjolkan Ciri Khas Keindonesiaan Dalam Produknya
May 22, 2022

Satukanal.com, Kota Malang – Gunakan berbagai macam media seperti kaca, kain, kanvas, hingga anyaman pandan, Maya Wima Linasti sukses kembangkan usaha kerajinan tangan dengan menonjolkan ciri khas keindonesiaan. Bisnis yang telah ia jalankan sejak tahun 2015 tersebut bermula dari hobi melukis yang digelutinya hingga berkembang menjadi usaha dengan merk dagang sendiri.

“Saya ingin mengembangkan produk dengan kreatif dan inovatif, orientasinya pada pemenuhan pasar nasional maupun internasional. Kami menyuguhkan kerajinan dengan berbasis gaya klasik dan elegan, coraknya pun khas Indonesia,” ujarnya, Sabtu (30/4/2022).

Ciri khas Indonesia yang ia terapkan dalam produknya dapat ditemukan di setiap motif berupa kebudayaan, adat, hingga motif tanaman dan tumbuhan yang ada di Indonesia.

Produk yang telah berhasil ia ciptakan berupa baju, kain, tas, dan produk lainnya yang ia berikan lukisan dengan motif yang sangat unik. Tak hanya menggunakan media kain, ternyata produk yang pertama kali ia buat adalah glass painting atau melukis dengan media kaca.

“Untuk glass painting materi yang dipakai adalah media berbahan dasar kaca atau keramik dengan cat kaca, tapi untuk sementara ini masih menggunakan cat import,” ucap pemilik usaha yang berlokasi di Puncak Buring, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang tersebut.

Menariknya, Maya tidak sembarangan dalam memberikan motif di setiap produknya. Ia mengaku bahwa setiap karya yang berhasil ia lahirkan selalu memiliki makna dan cerita di dalamnya meskipun juga terdapat beberapa karya yang merupakan permintaan langsung dari konsumen.

“Saat ini produk dari Diajeng Maya Art & Craft dipasarkan secara online di media sosial kami. Kami juga ikut di berbagai pameran, sejauh ini di Malang, Surabaya, hingga Jakarta. Rencananya juga ke depan kami ingin bisa mengikuti pameran dan event internasional,” lanjutnya.

Pewarta: Lutfia
Editor: Ubaidhillah