Kasus Ferdy Sambo Brigadir J, 5 Fakta Bunker Rumah Sambo
profil Putri Candrawati

Ferdy Sambo bersama istrinya, Putri Candrawati (Foto: suara.com)

Satukanal.com, Nasional– Kasus Ferdy Sambo Brigadir J terus bergulir. Usai penetapan Ferdy Sambo dan empat orang lainnya sebagai tersangka. Kini, muncul dugaan adanya bunker di rumah Ferdy Sambo yang berlokasi di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Bahkan, bunker tersebut disebut menyimpan uang yang hampir mencapai angka triliunan rupiah yang dihimpun oleh eks Kadiv Propam tersebut. Adapun, Tim Khusus bentukan kepolisian telah buka suara terkait apa yang mereka temukan di rumah Ferdy Sambo.

Pernyataan Tim Khusus yang menangani Kasus Ferdy Sambo Brigadir J tersebut termasuk menjawab dugaan keberadaan bunker tersebut. Lantas, bagaimana fakta seputar dugaan bunker tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Disebut simpan Rp 900 miliar

Bunker yang kini ramai diperbincangkan itu disebut dipakai Sambo untuk menyimpan harta kekayaannya. Bahkan, sempat beredar kabar burung bahwa uang yang disimpan bunker tersebut mencapai angka Rp 900 miliar, mendekati Rp 1 triliun.

2. Polri: Tak temukan adanya bunker

Dilansir dari suara.com, terkait dengan kabar dugaan adanya bunker tersebut pada rentetan Kasus Ferdy Sambo Brigadir J, Polri akhirnya buka suara menjawab pertanyaan publik.

Sebelumnya, Tim Khusus bentukan Polri telah menyusuri berbagai tempat yang berhubungan dengan Kasus Ferdy Sambo Brigadir J. Tim Khusus tidak menemukan adanya bungker tersebut di kediaman Ferdy Sambo dalam penyusuran itu.

“Berdasarkan informasi dari tim khusus yang melakukan penggeledahan di beberapa tempat Irjen FS (Ferdy Sambo), info soal bungker Rp 900 miliar tidaklah benar,” ungkap Kepala Divisi Humas (Kadivhumas) Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Minggu (21/8/2022 dikutip dari suara.com.

3. Beberapa barang bukti untuk persidangan disita Tim Khusus

Tim Khusus Kasus Ferdy Sambo Brigadir J telah menyita beberapa barang bukti yang mereka kumpulkan dalam penyusuran itu. Namun, mereka tidak menemukan adanya bunker berisi Rp 900 M seperti yang menjadi kabar burung.

Adapun barang bukti yang telah disita nantinya akan digunakan sebagai pembuktian di persidangan terhadap keterlibatan Sambo dalam kematian Brigadir J.

“Apa saja yang disita itu untuk pembuktian nanti di persidangan. Timsus melakukan penyidikan dengan langkah pro justitia,” tambah Dedi.

4. Publik diminta untuk bersabar

Terkait dengan berbagai rumor yang beredar, Dedi lebih lanjut meminta masyarakat agar bersabar menunggu informasi resmi dari kepolisian.

“Tim khusus terus bekerja. Mohon sabar dan dukungannya. Komitmen kami sejak awal mengusut perkara ini sampai tuntas dengan mengedepankan pendekatan scientific crime investigation,” tandas Dedi.

5. Deretan hoaks terkait Ferdy Sambo

Selain rumor bunker tadi, muncul beberapa hoaks alias berita palsu terkait Ferdy Sambo yang tidak valid kebenarannya. Beberapa di berita hoaks atau setidaknya belum bisa dibuktikan kebenarannya yakni tuduhan terhadap Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran yang dituding menerima suap dari Sambo.

Kabar tersebut direkayasa oleh akun @opposite6890 yang mengunggah informasi bohong tersebut. Kini, Polisi sedang memburu pemilik akun pembuat berita bohong itu.

Baca Juga : 5 Informasi Terbaru Kasus Brigadir J, Penetapan Tersangka Hingga Hasil Autopsi Kedua

Advertisements