Kantor Imigrasi Malang Gelar Rakor Persyaratan Pembuatan Paspor Bersama Instansi Terkait | SATUKANAL.COM
Kantor Imigrasi Malang

Caption: Rakor persyaratan pembuatan paspor Ruang Bentar Mall Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo, Rabu (22/6/2022). Doc: Humas Kantor Imigrasi Malang

Satukanal.com, Kota Malang – Kantor Imigrasi Malang kembali menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) terkait persyaratan pembuatan paspor untuk wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Rabu (22/6/2022).

Kali ini, Rakor diadakan di Ruang Bentar Mall Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo.

Adapun Rakor ini diikuti beberapa stakeholder terkait. Di antaranya Dispendukcapil dan Dinas Tenaga Kerja dari Kota dan Kabupaten Probolinggo, serta Kabupaten Lumajang.

Kepala Sub Seksi Pemeriksaan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Dany Trisunu menjelaskan, tujuan Rakor ini yakni untuk memperkuat komunikasi antar instansi, terutama yang bersinggungan langsung dalam persyaratan pengurusan paspor.

Baca Juga :  4 Jalan Ditutup Saat Perayaan HUT ke-35 Arema, Ini Skema Pengalihan Lalinnya!

Selain itu, Rakor tersebut juga digunakan ajang bertukar informasi terbaru mengenai perkembangan peraturan persyaratan untuk menerbitkan paspor.

JFT Analis Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Trio Priyanada menambahkan, terdapat beberapa persoalan yang sering muncul di dokumen persyaratan paspor.

Persoalan tersebut seperti perbedaan nama dalam e-KTP, KK, akta lahir, ataupun NIK yang belum aktif, verifikasi ID CPMI di Disnaker, hingga tidak tercantumnya tanggal lahir dalam buku nikah.

Baca Juga :  Usai Ricuh PSHT dengan Warga Sukun, Kapolresta Minta Tak Ada Lagi Konvoi di Kota Malang

Sementara terselenggaranya Rakor ini diharapkan kesinergian antar instansi terkait pengurusan dokumen persyaratan penerbitan paspor dapat semakin meningkat, demi pelayanan maksimal kepada masyarakat. (ADV)

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi