5 Kandungan Skincare Untuk Cerahkan Wajah, Wajib Dicoba! | SATUKANAL.COM
Kandungan Skincare untuk Cerahkan

Perawatan untuk mencerahkan kulit wajah (Foto: Pixabay.com)

Satukanal.com, Nasional– Ada beberapa kandungan skincare untuk cerahkan wajah yang bsa anda pilih. Kaandungan-kandungan ini diperkaya dengan bahan yang bisa membuat wajah anda lebih cerah.

Perlu diketahui, beda kandungan juga akan memiliki manfaat yang berbeda. Selain mencerahkan, ada kandungan skincare yang bertujuan menyamarkan bekas jerawat, mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari, hingga hiperpigmentasi.

Untuk hasil yang maksimal, anda harus memilih kandungan skincare yang tepat secara fungsi dan kecocokannya dengan kondisi kulit Bunda. Kalau salah, kulit anda bukannya jadi lebih cerah tapi bisa tampak lebih buruk dari sebelumnya.

Kandungan Skincare untuk Cerahkan Wajah

Nah agar tidak salah pilih, telah dirangkumkan 5 Kandungan Skincare untuk Cerahkan Wajah sesuai dengan permasalahan kulit. Segera simak ulasannya berikut.

1. Niacinamide

Bahan aktif ini merupakan salah satu jenis Vitamin B3. Niacinamide efektif untuk mengatasi jerawat di kulit berminyak serta mencerahkan wajah. Memakai skincare yang mengandung Niacinamide bisa dipadukan dengan skincare dengan kandungan retinol, karena mampu memaksimalkan manfaat anti-aging di dalamnya dan meratakan warna kulit.

Gunakan serum retinol yang dipakai 1-2 kali dalam seminggu dengan skincare yang mengandung niacinamide, agar kulit wajah tampak lebih cerah, segar berseri, dan awet muda.

2. Kojic Acid

Kandungan skincare untuk cerahkan wajah adalah Kojic Acid. Ini adalah bahan sejenis asam yang bekerja menghambat dan mencegah pembentukan tirosin, yaitu asam amino yang menghasilkan pigmen melanin penyebab pigmentasi. Karena itulah kojic acid kerap digunakan sebagai bahan untuk mencerahkan kulit.

Baca Juga :  Resep Chicken Katsu Ala Restoran, Mudah Dibuat Sendiri di Rumah!

Manfaat skincare yang mengandung kojic acid antara lain mengatasi melasma atau bercak gelap pada kulit, warna kulit tidak merata, serta bekas luka dan jerawat yang meninggalkan bintik hitam di wajah. Umumnya skincare yang mengandung kojic acide dengan konsentrasi 1% dianggap aman untuk digunakan.

Namun untuk menghindari risiko alergi, Anda bisa melakukan tes alergi di kulit leher terlebih dahulu, dan pastikan untuk memilih skincare dengan label hypoallergenic, non-comedogenic, dan tidak menyebabkan sensitivitas terhadap cahaya.

3. Alpha arbutin

Kandungan pencerah kulit ini bekerja mengatasi berbagai masalah kulit akibat hiperpigmentasi, yakni munculnya bercak-bercak berwarna lebih gelap dibanding warna kulit secara keseluruhan.

Kandungan alpha arbutin alami bersumber dari berbagai tanaman dan buah-buahan,  antara lain tanaman bearberry, blueberry, cranberry, kulit pir, serta gandum. Alpha arbutin tergolong aman dan bekerja dengan lembut untuk kulit sensitif, sehingga skincare yang mengandung alpha arbutin dapat digunakan sehari dua kali, untuk pagi dan malam hari.

4. Retinol

Retinol dapat meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru dan mengganti lapisan sel kulit paling atas. Saat lapisan kulit baru semakin naik ke permukaan kulit, tampilan kulit akan terlihat lebih cerah dan juga sehat.

Baca Juga :  5 Tanaman Hias Pembawa Rezeki, Estetik dan Mudah Dirawat!

5. SymWhite 377

Kandungan Skincare untuk Cerahkan Wajah berikutnya adalah SymWhite. SymWhite merupakan molekul kristal putih yang ada secara alami terkandung di pohon pinus dan telah teruji klinis aman untuk kulit. SymWhite 377 merupakan sebutan untuk Phenylethyl Resorcinol, bahan aktif yang juga bermanfaat sebagai pencerah kulit.

Kandungan ini memang masih terdengar asing dan belum sepopuler niacinamide, alpha arbutin, dan kojic acid, namun diklaim mampu mencerahkan kulit dengan lebih efektif dibanding ketika kandungan tersebut.

Seperti kojic acid, SymWhite 377 juga bekerja menghambat pergerakan enzim tirosin yang menimbulkan pigmen gelap atau pembentukan melanin pada kulit, dengan efektivitas lebih besar.

Menurut The Improvement of Skin Whitening of Phenylethyl Resorcinol by Nanostructured Lipid Carriers, SymWhite 377 teruji mampu menghambat Enzim Tirosinase sebanyak 22 kali lebih baik dari Kojic Acid. Bahkan, SymWhite 377 memiliki tingkat efikasi 7000 kali lebih baik dari Alpha Arbutin, Beta Arbutin, dan Hydroquinone.

Nah, itulah ulasan mengenai kandungan skincare untuk cerahkan wajah yang bisa anda gunakan. Sebenarnya masih banyak kandungan lainnya yang memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit wajah, Namun, kelima bahan di atas sering terbilang cukup populer.

 

(Adinda)