5 Jenis Tanaman Hias Ungu Yang Cocok Dijadikan Dekorasi Rumah | SATUKANAL.COM
Tanaman Hias Ungu

Tanaman Hias Ungu (Foto: Freepik)

Satukanal.com, Nasional– Tanaman hias ungu mungkin jarang terdengar di telinga anda. Padahal, tanaman ini memiliki warna yang cantik dan bisa dijadikan koleksi di rumah. Tak hanya itu, warnanya yang indah juga membuat tanaman ini cocok dijadikan sebagai pelengkap dekorasi rumah.

Menariknya, tak hanya cantik, tanaman ini juga punya kemampuan untuk membersihkan udara. Tanaman hias ungu ini ternyata juga mempunyai beragam jenis. Anda pun bisa mengoleksi tanaman hias ini.

Jenis Tanaman Hias Ungu

Agar anda tak bingung memilih, ada beragam tanaman hias jenis ini yang perlu diketahui. Apa saja kira-kira jenisnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Rex begonia

Tanaman hias rex begonia punya daun yang bentuknya aneh dan menarik. Selain itu, warna daun tanaman hias rex begonia juga mencolok. Melansir dari Balcony Garden Web, daun rex begonia memiliki banyak warna yang cantik, salah satunya adalah ungu. Tanaman ini juga bisa dirawat dengan mudah.

2. Bromeliad

Bromeliad mungkin termasuk tanaman hias yang sulit dirawat. Namun, tanaman ini bisa beradaptasi dengan kondisi rumah.

Melansir dari laman The Spruce, meski banyak yang memiliki tampilan bunga yang sangat heboh, bromeliad sama populernya dengan tanaman yang memiliki daun-daunan yang indah.

Baca Juga :  5 Tanaman Hias Pembawa Rezeki, Estetik dan Mudah Dirawat!

Selain ungu, tanaman ini memiliki dedaunan yang berwarna merah, hijau, oranye, dan kuning. Tanaman ini juga memiliki motif daun yang unik.

Tanaman bromeliad adalah tanaman yang tumbuh relatif lambat dan membutuhkan waktu sekitar satu hingga tiga tahun untuk matang menjadi tanaman yang berbunga. Jadi anda harus sabar saat merawatnya.

3. Joyweed

Tanaman hias ungu selanjutnya adalah joyweed. Tanaman ini bisa dijadikan pilihan karena memiliki berbagai macam warna dan ukuran. Tak hanya itu, bentuk daunnya pun beraneka ragam.

Joyweed memiliki daun hijau tua memiliki bercak ungu, merah muda, oranye, merah, kuning, maupun tembaga. Ada beberapa varietas yang memiliki daun belang beberapa warna.

Tanaman hias daun ini pun sebenarnya memiliki bunga, tetapi mekarnya kecil dan hanya sebagai aksen pada tanaman yang susah hidup.

Melansir dari The Spruce, beberapa varietas joyweed menjadi penutup tanah yang bagus, sementara yang lain dapat tumbuh setinggi tiga kaki.

4. Keladi ungu

Keladi menjadi salah satu tanaman hias daun yang sekarang kian populer. Perawatannya terbilang cukup mudah. Corak daun yang menarik membuat tanaman hias ini digemari banyak orang. Warna daun keladi beragam, mulai dari hijau, merah, pink, krem, hingga ungu.

Baca Juga :  5 Mobil Listrik Murah di Indonesia, Ada yang Dibanderol 200 Juta

Dilihat dari laman Balcony Garden Web, bentuknya keladi juga menarik, salah satunya bahkan berbentuk hati. Keladi ungu cocok untuk menjadi tanaman hias indoor. Tanaman hias ini hanya butuh cahaya matahari tidak langsung minimal 3 sampai 4 jam sehari.

5. Calathea

Tanaman hias ungu bernama calathea tergolong populer di kalangan pecinta tanaman hias di Indonesia. Daya tarik calathea terdapat pada corak daunnya. Calathea memiliki daun dengan garis-garis perpaduan warna yang menarik.

Banyak varietas calathea yang berwarna ungu kemerahan di bagian bawah daun. Mengutip dari The Spruce, calathea akan terlihat menarik ketika dilihat dari atas maupun bawah.

Perpaduan warna ungu, pink, serta hijau pada daun calathea tampak serasi. Calathea cocok untuk dijadikan tanaman hias karena memberikan sentuhan modis pada rumah anda.

Itulah ulasan mengenai tanaman hias ungu da jenis-jenisnya. Tanaman ini pun terbilang cocok sebagai dekorasi rumah untuk menmabah kecantikan dan keindahan rumah anda.