Jelang Keberangkatan, Vaksinasi Calon Jemaah Haji Asal Jombang Terus Dikebut
Jombang

Caption: Vaksinasi lansia di Pendopo Kabupaten Jombang. (Anggit/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kabupaten Jombang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang terus mengebut pemberian vaksin ke Calon Jemaah Haji (CJH) menjelang keberangkatannya ke tanah suci.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinkes Kabupaten Jombang, drg Budi Nugroho, saat dikonfirmasi Satukanal.com.

Budi menuturkan, CJH memang harus mendapatkan fasilitas kesehatan sebelum keberangkatan, seperti diberikan vaksin meningitis maupun vaksin Covid-19.

“Masih terus dilakukan, targetnya ya Minggu ini paling lambat untuk vaksin meningitis,” jelas Budi, Jumat (27/5/2022).

Pemberian vaksin meningitis memang harus dilakukan supaya CJH nantinya sehat, guna menyiapkan mental dan fisik sebelum pemberangkatan.

Baca Juga :  Ayah Tiri di Jombang Diduga Setubuhi Anak Tiri hingga Hamil Delapan Bulan

Budi melanjutkan, vaksinasi masih terus berjalan hingga saat ini.

“CJH juga harus mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap, serta pemeriksaan kesehatan yang lengkap. Karena ini yang akan menentukan,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang, Taufiqurrahman, menyebut pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Dinkes untuk menangani CJH terkait fasilitas kesehatan dan pemeriksaan seperti penyakit meningitis dan vaksin-vaksin lainnya.

“Jadi faktor kesehatan itu melihat kepastian. Nanti tiba-tiba CJH ada yang terkena meningitis terus mengundurkan diri, itu bisa saja terjadi. Sangat disayangkan jika terjadi dan harus menunggu tahun depan,” sebutnya.

Baca Juga :  Lockdown Kandang, Langkah Antisipasi Putus Mata Rantai PMK di Jombang 

Untuk jumlah CJH Kabupaten Jombang yang nantinya akan berangkat terdata ada sebanyak 477 CJH. Jumlah tersebut memang berkurang dari kuota sebelumnya yakni 506 CJH.

Sementara puluhan CJH yang memilih mengundurkan diri, lanjut Budi, memiliki alasan masing-masing, rata-rata karena tidak bisa jauh dari keluarga.

“Seperti contoh pasangan suami istri yang memilih menunda agar bisa berangkat bersama pasangannya. Dari 29 orang yang mengundurkan diri, secara total CJH Jombang yang akan berangkat dari mulanya 506 kini tinggal 477 orang saja,” pungkas dia.

Reporter: Anggit Pujie Widodo
Editor: U Hadi