Jelang Idul Adha 2022, Pangdam V/Brawijaya Dan Wawali Malang Cek Kesiapan RPH Perumda Tunas | SATUKANAL.COM
Malang

Caption: Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto bersama Wawali Malang Sofyan Edi Jarwoko melakukan peninjauan sapi, Rabu (6/7/2022). Doc: Lutfia/Satukanal.com

Satukanal.com, Kota Malang – Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto bersama Wakil Wali Kota (Wawali) Malang Sofyan Edi Jarwoko melakukan kunjungan ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Perumda Tunas, Rabu (6/7/2022).

Kunjungan ini untuk memastikan kesiapan RPH Perumda Tunas menjelang Idul Adha 2022.

Sementara untuk memastikan keamanan perihal kesehatan hewan kurban, nantinya akan disiapkan dokter hewan, gabungan TNI/Polri, serta telah terjalin kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Brawijaya.

“Kita siapkan lima dokter hewan dan gabungan bersama TNI/Polri. Kemudian kerja sama FKH UB yang akan membantu dokter hewan yang kita punya. Partisipasi dari seluruh potensi yang ada di Kota Malang untuk mendampingi Idul Kurban,” jelas Wawali Malang, Sofyan Edi, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga :  Satpol PP Kota Malang Bakal Tindak Warga yang Buang Sampah Sembarangan

Sofyan Edi menambahkan, dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, di masing-masing lokasi akan didampingi langsung oleh Dispangtan Kota Malang. Hal itu untuk memastikan kesehatan hewan yang akan dikonsumsi nanti.

“Di lapangan pun tetap didampingi oleh tenaga yang sudah disiapkan. Pemotongan kurban di tempat masing-masing tetap harus didampingi Dispangtan, untuk dicek mulai dari kesehatannya seperti apa, pemotongan, dan sesudahnya,” bebernya.

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurcahyanto menjelaskan, prosedur dan kesiapan dari RPH Perumda Tunas telah berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Geliat Kampung Warna Warni Jodipan Malang Bangkit Usai Dihantam Pandemi Covid-19

“Kami ingin melihat langsung kondisi RPH (Perumda Tunas). Selama ini telah berjalan cukup bagus, bersih, alur pemotongan hewan sesuai prosedur dan sebelum ke sini juga melihat pos penyekatan yang disiapkan di Kota Malang. Seluruh unsur ada di sana mulai TNI/Polri dan aparat lain, semua berjalan lancar,” ujar Nurcahyanto.

Nurcahyanto pun mengimbau agar pelaksanaan pemotongan hewan kurban dapat berjalan dengan maksimal sebaiknya dilakukan di RPH maupun di lokasi masing-masing.

Menurutnya, yang terpenting ialah adanya tenaga kesehatan yang melakukan pengawasan di lokasi pemotongan hewan kurban. (ADV)

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi