Jajanan Pie Nanas Kediri, Dibanjiri Pesanan Saat Lebaran
May 27, 2022
Pie Nanas

Foto: Aktivitas produksi pie Nanas Candaria Kediri (foto: Anis/satukanal)

Satukanal.com, Kediri – Pie Nanas menjadi alternatif sajian jajanan lebaran yang berbeda. Jajanan ini di Kediri mulai digemari. Karena itu, permintaannya melonjak tahun ini.

Pie Nanas Candaria merupakan branding UMKM yang terletak di Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Jawa Timur. Memang, permintaan jajanan ini meningkat tahun ini.

Pemilik Pie Nanas berlabel Candaria Ratih Kusuma mengaku dibandingkan tahun lalu, lebaran tahun ini mengalami permintaan pasar yang luar biasa. Pihaknya harus menggenjot aktivitas produksi untuk mengejar jumlah permintaan pelanggan.

Pie Nanas tahun ini meningkat signifikan banget , 100 persen naiknya permintaan. Kalau kemarin (pelanggan) membeli cuma untuk hampers, tapi tahun ini beli untuk konsumsi pribadi dan tamu,” kata Ratih, kepada Satukanal.com.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut Elf Tubruk Truk Fuso yang Mogok di Kediri, 2 Penumpang Asal Malang dan Batu Tewas di TKP

Selain itu menurut Ratih, akhir-akhir ini masyarakat memulai kepedulian terhadap pelaku UMKM. Masyarakat mulai lebih banyak membeli produk dari pelaku UMKM dibandingkan pabrikan.

Selama lebaran tahun ini, Ratih mengaku kewalahan meladeni pesanan pelanggan di Karesidenan Kediri. Padahal secara penjualan produk berbahan baku buah Nanas ini sudah sampai ke seluruh daerah dalam maupun luar pulau Jawa, seperti provinsi DKI Jakarta, hingga Lampung.

Baca Juga :  Puluhan Dokter Hewan Dikerahkan untuk Berusaha Mencegah Penyebaran Virus PMK di Kediri

“Kita sendiri pasar lokal Kediri saja sudah kewalahan. Jadi kita prioritaskan teman-teman lokal dulu, nanti kalau kelebihan produksi baru dikirimkan ke luar kota,” ujarnya

Dikatakan jumlah produksinya sekarang hampir mencapai 10 kilogram per hari, dari sebelumnya hanya 2 kilogram. Bahkan demi meladeni pesanan, sejumlah karyawan sampai bekerja larut malam atau lembur.

“Kalau biasanya hanya produksi 180 piece, sekarang 10 kali lipatnya bisa smpe 1000 piece Pie Nanas,” tutupnya.

Reporter: Anis Firmansah

Editor : Danu S