Jaga Bentuk Keaslian, Temuan Fragmen Benda Kuno Diserahkan Ke Disdikbud Jombang
Jombang

Caption: Beberapa benda kuno prasejarah yang diserahkan ke Disdikbud Kabupaten Jombang. (Anggit/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kabupaten Jombang – Beberapa temuan fragmen benda kuno diserahkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Selasa (31/5/2022).

Hal itu dilakukan untuk tetap menjaga keaslian bentuk.

Nantinya, beberapa fragmen benda kuno tersebut akan disimpan di Galeri ‘Mpu Sindok’ di Disdikbud Kabupaten Jombang.

Fragmen benda kuno itu sebelumnya ditemukan Jayadi, salah satu Juru Pelihara Disdikbud Kabupaten Jombang.

Beberapa objek cagar budaya yang ditemukannya seperti lumpang mini, fragmen pipisan, dan gilingan batu.

Baca Juga :  Ayah Tiri di Jombang Diduga Setubuhi Anak Tiri hingga Hamil Delapan Bulan

Seluruh benda itu ia temukan di pinggir jalan arah ke sawah Dusun Dongeng, Desa Jarak Kulon, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang.

“Beberapa benda itu kami temukan di pinggir jalan, arah menuju area persawahan di Dusun Dongeng,” jelasnya, Selasa (31/5/2022).

Lalu, beberapa objek cagar budaya lainnya juga ia temukan seperti fragmen jobong atau sumur yang ia temukan di lokasi berbeda, yaitu di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto.

Baca Juga :  Kata Polresta Mojokerto Soal Anggotanya yang Dikabarkan Digerebek Warga Gegara Selingkuh dengan Istri Tentara

Menanggapi penyerahan beberapa benda kuno, Kepala Bidang (Kabid) Disdikbud Kabupaten Jombang, Dian Yunita Sari, menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPBD) Jawa Timur (Jatim).

“Tindak lanjutnya nanti akan coba kami lakukan koordinasi dengan pihak BPCB Jatim. Terkait bentuk benda yang diserahkan ke pihak dinas hari ini, kami belum bisa memastikan secara pasti. Jadi menunggu kajian dari BPCB Jatim dulu,” pungkas Dian.

Reporter: Anggit Pujie Widodo
Editor: U Hadi