Ini Jurus DLH Kota Malang Tangani Persoalan Sampah Di Kawasan Pemukiman Warga | SATUKANAL.COM
Kota Malang

Caption: Kawasan Muharto Kota Malang (Doc: Lutfia/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kota Malang – Permasalahan sampah di Kota Malang rupanya masih menjadi pekerjaan rumah yang belum juga terselesaikan.

Persoalan dari membuang sampah di sungai, hingga tumpukan sampah di beberapa titik di perumahan warga, masih cukup sering ditemui.

Hal itu membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang harus sigap dalam melakukan upaya mitigasi, agar sampah-sampah tersebut tak berpengaruh pada kondisi kesehatan warga.

“Terkait tumpukan sampah di beberapa lokasi masih menjadi pekerjaan rumah bersama,” ujar Kepala Bidang Persampahan dan B3 DLH Kota Malang, Heri Sunarka, Selasa (9/8/2022).

“Ini kembali kepada pribadi masing-masing untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” serunya.

Sunarka menjelaskan, bahwa pemukiman-pemukiman padat penduduk menjadi salah satu titik yang masih banyak ditemukan pemanfaatan area sungai sebagai lokasi untuk membuang sampah.

Salah satunya ialah kawasan Muharto, yang beberapa waktu yang lalu sempat dilanda banjir bandang hingga longsor.

Tak ingin kebiasaan membuang sampah masih subur di kalangan masyarakat, sosialisasi pun telah dilaksanakan oleh DLH Kota Malang.

Sunarka menambahkan, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan instansi lainnya seperti Satpol PP untuk menegakkan kebiasaan pola hidup yang bersih dan sehat.

“Titik Muharto kemarin sudah kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat. Di situ juga disebabkan oleh kondisi geografis, tidak ada lahan untuk pembuangan,” tuturnya.

“DLH Kota Malang bersama Satpol PP Kota Malang juga sudah ancang-ancang bekerja sama dengan berbagai wilayah di kecamatan maupun kelurahan,” lanjut Sunarka.

Tak hanya sosialisasi, ia juga meminta semua masyarakat pro-aktif dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Malang.

Ia menegaskan, jika ditemukan perilaku membuang sampah sembarangan, maka masyarakat dapat langsung mengadukan perilaku tersebut kepada DLH Kota Malang.

“Silakan mengadu ke kita, di kita ada Seksi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup, ada juga Seksi Pengawasan dan Penagakan Hukum Lingkungan Hidup,” pungkas Sunarka.

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi

Advertisements