Ini Cara Memilih Asuransi Kendaraan Yang Pas Agar Tidak Menyesal! | SATUKANAL.COM
asuransi kendaraan

ilustrasi asuransi kendaraan (Foto: Pixabay.com)

Satukanal.com, Nasional– Asuransi kendaraan tentunya punya keberadaan penting saat ini. Bagaimanapun, banyak orang yang memiliki kendaraan beroda empat untuk memudahkan mobilitas setiap harinya.

Sama halnya dengan asuransi kesehatan terbaik, asuransi untuk kendaraan juga harus dipilih sesuai kebutuhan dan pas untuk seseorang.

Cara ini juga sekaligus untuk mengamankan aset yang dirasa berharga. Asuransi juga memberikan perlindungan sebagai penjamin, jika ada kerugian yang bisa terjadi kapanpun.

Bisa saja kecelakaan, musibah bencana alam ataupun pencurian. Tentu saja, seseorang tidak bisa memprediksi kapan terjadinya kejadian itu.

Cara Memilih Asuransi Kendaraan

Lantas, bagaimana cara memilih asuransi untuk kendaraan yang pas dan baik untuk seseorang? Kira-kira, hal apa yang penting diperhatikan? Guna menjawab pertanyaan tersebut, berikut ulasan lengkapnya:

1. Cari Tahu Keuntungan Produk Asuransi

Cara pertama dan hal yang penting untuk diperhatikan yakni mengetahui bagaimana detail produk asuransi yang ditawarkan. Pikirkan secara seksama, apakah produk asuransi tersebut memiliki manfaat dan ada keuntungan yang diperoleh.

Keuntungan yang dimaksudkan ini, misalnya berkaitan dengan perlindungan-perlindungan apa saja yang bisa diperoleh jika menggunakan asuransi tersebut.

Pertimbangkanlah dengan hati-hati saat mulai memilih produk asuransi. Dengan begitu, maka kerugian pun bisa dihindari.

2. Coba Buatlah Perbandingan

Sama halnya dengan menentukan asuransi kesehatan terbaik, memilih asuransi untuk kendaraan pun juga harus secara tepat. Apalagi, banyaknya jasa yang memberikan layanan asuransi ini.

Untuk itu, sebaiknya buat perbandingan antara asuraansi yang ditawarkan jasa tertentu dengan lainnya. Dengan melakukan perbandingan ini, maka dapat diketahui jasa penyedia asuransi mana yang terbaik untuk seseorang.

Lakukan riset kecil-kecilan dengan memantau produk-produk yang ditawarkan berdasarkan informasi di webnya. Bisa juga dengan datang langsung ke lokasi penyedia asuransi tersebut.

3. Sesuaikanlah Dengan Kebutuhan

Jangan mudah tergiur tawaran dari jasa penyedia asuransi. Pastikan, asuransi yang dipilih tidak sembarangan dan asal pilih saja.

Seseorang perlu untuk mengetahui dulu, bagaimana detail kendaraannya. Misalnya seperti kondisi mesin, usia, body dan sebagainya. Hal ini akan membantu dalam menentukan asuransi kendaraan mana yang dipilih.

Perlu diketahui bahwa asuransi untuk kendaraan sendiri biasanya digolongkan menjadi 2 model asuransi. Keduanya antara lain total loss only serta all risk.

Keduanya tentu memiliki perbedaan, untuk asuransi all risk biasanya digunakan untuk kejadian seperti kecelakaan besar. Sedangkan total loss only biasanya untuk penjaminan kendaraan yang mengalami kerusakan di atas tujuh puluh lima persen.

4. Pertimbangkanlah Rekomendasi Dari Dealer Kendaraan

Saat membeli kendaraan di sebuah dealer, biasanya akan direkomendasikan oleh pihak tersebut asuransi mana yang pas digunakan. Hal ini perlu dipertimbangkan pula, mengingat bahwa dealer punya kapasitas yang mumpuni untuk masalah tersebut.

Meski begitu, rekomendasi tersebut tidak harus dipakai. Seseorang sebaiknya melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu terhadap asuransi yang disarankan. Bisa langsung menanyakan ke pihak penyedia asuransi tersebut ataupun melalui website yang juga tersedia.

5. Jangan Over Budget saat Memilih Asuransi Kendaraan

Berbicara mengenai cara memilih asuransi untuk kendaraan, seseorang biasanya gampang sekali tergiur dengan penawaran. Hal ini lantas membuat terjadinya pembengkakan dana atau over budget.

Tak perlu memaksakan untuk mengambil asuransi dengan biaya yang tinggi, bila kemampuan finansial kurang mumpuni. Untuk itu, menyesuaikan budget yang dimiliki menjadi sesuatu hal yang penting untuk dilakukan.

Sesuaikan kemampuan bayar yang dirasa dimiliki. Jangan hanya sekedar gengsi tanpa memikirkan kondisi finansial yang dialami. Untuk itu, penting mempertimbangkan hal tersebut.

Nah, itulah cara memilih asuransi kendaraan. Sebenarnya, cara tersebut juga bisa diterapkan dalam memilih asuransi kesehatan terbaik untuk seseorang.

Intinya, hal-hal di atas merupakan pertimbangan penting yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi yang pas.

Advertisements