Informasi Terbaru Ferdy Sambo, Mundur Dari Polri
Alur Pembunuhan Brigadir J

Ferdy Sambo dna Istrinya (Foto: Instagram @divpropampolri)

Satukanal.com, Nasional– Informasi terbaru Ferdy Sambo, Kamis (25/8/2022) menarik perhatian masyarakat. Pasalnya, Kapolri Jenderal Sigit Prabowo menyatakan bahwa Irjen Ferdy Sambo mengajukan pengunduran diri dari institusi Polri.

Adapun penjelasan Sigit soal kabar jenderal bintang tiga yang akan mundur jika kasus Sambo tidak terusut tuntas. Simak rangkuman dua kabar terkait informasi terbaru Ferdy Sambo di bawah ini.

Informasi Terbaru Ferdy Sambo, Ajukan Surat Pengunduran Diri dari Polri

Informasi terbaru Ferdy Sambo yang ajukan surat pendunduran diri benar adanya. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membenarkan bahwa Irjen Ferdy Sambo mengajukan pengunduran diri dari institusi Polri.

“Ya, ada suratnya, tapi sedang dihitung oleh tim sidang karena memang ada aturannya. Tentunya akan dihitung-hitung apakah itu bisa diproses atau tidak,” ujar Kapolri di Kompleks Parlemen, Senayan pada Rabu (24/8/2022) dikutip dari suara.com.

Sambo mundur sebelum sidang etiknya digelar pada Kamis (25/8/2022). Adapun, Sambo merupakan tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Seperti diketahui, Tim khusus Bareskrim Mabes Polri yang dibentuk oleh Kapolri sejauh ini telah menetapkan lima tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf.

Kelima tersangka tersebut dikenakan dengan Pasal 340 subsider 338 juncto Pasal 55 dan 56 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut jumlah personel Polri yang diperiksa terkait kasus pembunuhan Brigadir J sudah mencapai 97 orang.

“Kami telah memeriksa 97 personel, 35 orang diduga melakukan pelanggaran kode etik profesi,” ujarnya saat rapat dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan pada Rabu (24/8/2022).

Ia pun memberikan rincian yakni 35 personel yang melanggar kode etik berasal dari beragam pangkat, di antaranya, Irjen Pol 1 orang, Brigjen Pol 3 orang, Kombes Pol 6 orang, Kemudian AKBP 7 orang, Kompol 4 orang, AKP 5, Iptu 2, Ipda 1, Bripka 1, Brigadir 1, Briptu 2, Bharada 2.

Lebih lanjut, Sigit menjelaskan dari 35 personel itu, sebanyak 18 di antaranya ditempatkan di penempatan khusus, sementara yang lain masih berproses pemeriksaannya. Selanjutnya, dua orang di antaranya sudah ditetapkan tersangka. Sehingga tersisa 16 personel yang masih berada di penempatan khusus (patsus).

“Saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait dengan laporan polisi di Bareskrim sehingga tinggal 16 orang di Patsus. Sisanya menjadi tahanan terkait dengan kasus yang dilaporkan di Bareskrim,” ujarnya.

Itulah Informasi terbaru Ferdy Sambo yang ajukan surat pengunduran diri ke Polri.

Informasi terbaru Ferdy Sambo, Jenderal Bintang 3 Ancam Mundur di Kasus Ferdy Sambo

Informasi terbaru Ferdy Sambo juga menyangkut kabar soal Jenderal Bintang 3. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo enggan mengungkap siapa jenderal bintang tiga yang mengancam mundur jika Ferdy Sambo tidak ditetapkan tersangka.

Isu tersebut sempat mencuat dari ucapan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud Md.

“Saya enggak bisa jawab karena yang jelaskan bukan saya. Tetapi yang jelas kita kompak semuanya,” kata Kapolri setelah rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di gedung DPR/MPR RI di Senayan, Jakarta Selatan, 24 Agustus 2022.

Terkait jenderal bintang tiga yang mengancam mengundurkan diri itu muncul dalam rapat dengar pendapat antara Komisi III dengan Komisi Kepolisian Nasional, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Senin (22/8/2022) lalu.

Dalam rapat itu, Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman mendesak Mahfud untuk mengungkap siapa jenderal yang sempat dia sebut di media sosial dan dalam wawancara.

“Yang perlu Pak Menko ungkap kalau saya sebut aja Pak siapa jenderal yang mau mengundurkan diri, supaya jangan ada gelap-gelap,” kata Anggota Komisi III DPR Benny K. Harman dalam RDP di Ruang Rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/8/2022) lalu.

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan Mahfud sudah melakukan hal yang benar dengan mengungkap bahwa ada tersangka baru. Menurutnya, sebaiknya Mahfud menyebut saja siapa tersangka baru tersebut karena publik sudah cukup dibohongi oleh Polri.

Namun, Mahfud mengatakan ia tidak akan membuka sosok jenderal bintang 3 yang akan mundur tersebut. Menurut Mahfud, ia hanya akan membuka siapa sosok Jenderal bintang 3 itu jika yang bertanya adalah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Presiden Jokowi.

Masalah adanya jenderal bintang tiga yang akan mengundurkan diri itu pun memicu isu adanya perkubuan di tubuh Polri. Mahfud Md bahkan sempat menyatakan bahwa Ferdy Sambo bak seorang kaisar yang memiliki kekuatan besar di tubuh Polri.

Demikian, Informasi terbaru Ferdy Sambo yang disebut mundur dari Polri serta kabar soal Jenderal bintang 3 yang ancam mundul jika kasus Smabo tidak dapat dituntaskan.

Baca juga : Kasus Ferdy Sambo Brigadir J: 5 Fakta Soal Bunker di Rumah Sambo Disebut Simpan Rp900 M, Benarkah?

 

(Adin)

Advertisements