Ibu Rumah Tangga Di Jombang Dilatih Mandiri Untuk Wirausaha  | SATUKANAL.COM

Latihan wirausaha oleh Ibu rumah tangga di Jombang. (Anggit/satukanal.com)

Satukanal.com, Jombang – Perempuan sejatinya tidak hanya berada di dalam dapur untuk memasak, ataupun mengurus anak. Namun, perempuan juga bisa berkarya dengan memanfaatkan barang-barang di sekitarnya.

Di Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur contohnya. Beberapa ibu rumah tangga ini diajari bagaimana untuk mengolah kreatifitas menggunakan barang di sekitarnya, maupun barang yang sudah tidak terpakai untuk dijual kembali dengan harga jual yang menguntungkan.

Puluhan ibu rumah tangga yang dilatih mandiri ini, sejatinya mengikuti pelatihan UMKM yang diselenggarakan oleh ‘Perempuan Bergerak By Haay Maahayaa’. Para ibu rumah tangga itu diajari bagaimana menghias toples, pembuatan bawang goreng, membatik, menjahit dan kerajinan kain yang nantinya akan dijual dengan harga yang bisa jadi menguntungkan.

Haay Maahayaa (36) penggerak sekaligus yang memberikan materi bagi para ibu rumah tangga ini, menuturkan bahwa tidak hanya materi yang diberikan. Namun, usai memberikan materi, para peserta yang notabenenya ibu rumah tangga ini langsung praktik.

“Senang bisa dapat ilmu baru. Jadinya punya motivasi berbeda untuk pengembangan usaha mandiri,” ucap salah satu peserta Dwi Nurul Jamil pada Jumat (1/7/2022).

Baca Juga :  Peringati HUT ke-77 RI, Walkot Dewanti Ajak Masyarakat Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Batu

Baginya, pelatihan UMKM untuk ibu rumah tangga ini bisa terus berjalan. Karena, dengan pelatihan wirausaha ini, para ibu rumah tangga maupun perempuan bisa merubah pola pikir, untuk membuka usahanya sendiri dengan kreativitas yang dimiliki.

“Selain diajari skill berwirausaha, tujuannya kan juga agar bisa mendiri. Jadi tidak ketergantungan dengan orang lain,” katanya.

Harapannya, pelatihan semacam ini bisa terus diadakan secara rutin. Agar semakin banyak perempuan maupun ibu rumah tangga di Jombang yang mampu membuka usahanya sendiri.

Hayy Maahayaa pemberi materi wirausaha untuk para ibu rumah tangga ini sendiri dikenal sebagai sosok perempuan yang fokus memperjuangkan kesetaraan gender. Founder dari ‘Perempuan Bergerak By Hayy Maahayaa’ ini juga fokus dalam pemberdayaan perempuan di Jawa Timur.

Salah satu program yang di gaungkan oleh Perempuan Bergerak By Hayy Maahayaa yaitu ‘Jejak Berantai’. Itu merupakan program pemberdayaan perempuan dengan pelatihan UMKM yang digelar di sejumlah Kota dan Kabupaten di Jawa Timur.

Baca Juga :  Harga Tabung Gas LPG Non Subsidi Naik, Agen Kena Dampak

“Jejak Berantai program Perempuan Bergerak ini meliputi diskusi terkait pemberdayaan perempuan, kemudian juga akan ada pembekalan pembuatan produk UMKM kepada warga khususnya kaum perempuan ataupun para ibu. Sekarang perempuan harus tangguh, dengan target kemandirian perempuan agar mampu berdaya sendiri,” ungkapnya.

Pemilik nama asli Ahaddiini Hayyu Maahayaati yang juga berprofesi sebagai Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Sidoarjo ini mengungkapkan, jika kegiatan sosialnya kali ini di latar belakangi karena kesadaran diri, bahwa perempuan harus mandiri secara pemikiran dan ekonomi.

Ia menambahkan, jika saat ini perempuan dituntut mampu berdaya sendiri, di keluarga, dunia usaha maupun politik dan pemerintahan. Sudah saatnya perempuan bergerak sendiri keluar dari jerat ketergantungan dan patriarki.

“Artinya, perempuan harus mampu berdiri di kaki sendiri sebagai jalan keluar dari jerat patriarki, perempuan harus saling mendukung perempuan lainnya untuk mewujudkan perempuan yang berdaya dan mandiri,” pungkasnya.

 

 

 

Pewarta : Anggit Pujie Widodo
Editor: Ubaidhillah